Jumat, 27 Maret 2015

Review Market 27 Maret 2015

Dear Client,

NB : Kembali memasuki akhir bulan, saya kembali menampilkan review secara lengkap supaya para pembaca bisa mendapat gambaran review yang akan didapatkan dengan menjadi member.


REVIEW SAHAM

ADHI (Closing 3015  -0.3%)
ADHI berkonsolidasi. Semua indikator masih mendukung terjadinya pelemahan. Support sementara akan saya pertahankan di 2900. Untuk sementara saya condong menunggu konfirmasi sebelum memberikan rekomendasi.

ADRO (Closing 950   +0.5%)
ADRO ditutup menguat. Indikator masi condong melemah. Saat ini resistance di area 1020 dan support di 930. Belum ada signal yang kuat, jadi saya cenderung menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

AISA (Closing 2090   +2.2%)
AISA ditutup menguat. Mulai terlihat ada indikasi penguatan. Selama dua hari ini terlihat ada aksi beli yang solid di kisaran 2050-2055. Untuk saat ini ada potensi penguatan berlanjut ke area 2130-2150. Menurut saya penguatan ini hanya sebatas teknikal rebound, jadi bila terlihat sulit ditembus bisa pertimbangkan untuk jualan dulu.

ASII (Closing 8200  +0.6%)
ASII ditutup menguat. Indikator berpotensi membentuk signal penguatan. Saham ini berusaha mempertahankan momentum penguatannya. Selama ASII bertahan di atas 8000, masih ada potensi saham ini untuk menguat. Spek buy menurut saya bisa dilakukan di kisaran 8100-8150, namun tetap kontrol resiko.   

ASRI (Closing 540   +2.9%)
ASRI ditutup menguat. Indikator masih mengindikasikan pelemahan, namun berpotensi membentuk signal penguatan. Stochastic sendiri masuk area oversold. Terlihat ada potensi teknikal rebound, namun overall saya masih ragu. Bila penguatan berlanjut, ASRI akan menguji level 570. Saya masih melihat saham ini dalam tren turunnya, jadi bila level itu diuji dan terlihat sulit ditembus bisa pertimbangkan untuk jualan dulu. Support akan saya pertahankan di 500.

BBRI (Closing 13075   -0.4%)
BBRI ditutup melemah. Indikator membentuk signal pelemahan. Untuk sementara saya akan mempertahankan support di 12400 dan resistance di 13300. Menurut saya belum terlihat ada indikasi yang jelas. Saya condong menunggu konfirmasi penembusan support atau resistance sebelum memberikan rekomendasi.

BBCA (Closing 14450   -0.5%)
BBCA ditutup melemah. Indikator mulai membentuk signal pelemahan. Support sementara akan saya pertahankan di 14100-14200 dan resistance di area 15500. Saya cenderung menunggu konfirmasi penembusan support atau resistance sebelum memberikan rekomendasi.

BBNI (Closing 7100   +0%)
BBNI berkonsolidasi. Tidak terlihat ada indikasi yang jelas. Stochastic sendiri bertahan di area overbought. Saham ini terus berusaha mempertahankan momentum penguatannya. Namun belum ada indikasi yang menujukkan saham ini mampu menembus resistance. Saat ini resistance di 7100 dan support di 6900.

BMRI (Closing 11950   -0.8%)
BMRI ditutup melemah. Indikator mengindikasikan pelemahan. Support sementara di 11800 dan resistance di 12300. Saya condong menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

CPIN (Closing 3410   +1.9%)
CPIN ditutup menguat. Indikator saat ini masih condong melemah, namun Stochastic di area oversold mulai membentuk signal penguatan. Saat ini saya melihat penguatan CPIN sebatas teknikal rebound. Jadi bisa pantau level 3500-3550 yang berpotensi menahan penguatan CPIN. Support sementara akan saya pertahankan di 3100.

GGRM (Closing 49750   +3.4%)
GGRM dibuka melemah menembus support 48000 (low di 47525), lalu mampu kembali menguat ditutup di 49750. Indikator mulai membentuk signal penguatan. Posisi penutupan GGRM cukup bagus. Terbuka potensi teknikal rebound berlanjut. Penguatan ke area 51000-51500 kemungkinan cuma sebatas teknikal rebound, jadi bisa dipantau untuk potensi jualan. Support sementara di 48000.

ICBP (Closing 14100   -0.5%)
ICBP ditutup melemah. Indikator mengindikasikan pelemahan. Stochastic sendiri mulai masuk area oversold. ICBP berpotensi menguji support 13900. Tekanan jual sendiri masih cukup kuat, ditambah Ma5 deathcross Ma20. Jadi masih ada potensi pelemahan berlanjut. Saat ini support akan saya gunakan di area 13700. Bagi yang ingin entry tetap kontrol resiko.

INDF (Closing 7425  +0.7%)
INDF ditutup menguat. Indikator saat ini kurang jelas. Belum terlihat ada indikasi yang solid. Untuk sementara INDF maish masuk dalam range konsolidasi 7200-7650. Selama level ini bertahan bisa dimanfaatkan untuk trading janga pendek.

INTP (Closing 21400  +1.8%)
Teknikal rebound di INTP berlanjut. Indikator mulai membentuk signal penguatan. Saat ini masih ada potensi penguatan ke area 21700-22000. Sejauh ini saya melihat penguatan cuma sebatas teknikal rebound, jadi bila terlihat sulit ditembus bisa pertimbangkan untuk jualan dulu. Support sementara di 20000.

JSMR (Closing 7150   +1.1%)
JSMR ditutup menguat. Indikator mengindikasikan pelemahan. JSMR masih berada dalam range transaksi 6900-7250. Selama belum ada penembusan range tersebut, bisa lakukan trading jangka pendek.

KLBF (Closing 1840   +0.3%)
KLBF berkonsolidasi. Indikator mengindikasikan penguatan. Support 1790 bertahan, sejauh ini momentum penguatan masih terjaga. Saya sendiri masih ragu, Bagi yang ingin entry usahakan sedekat mungkin dengan support 1790.

MAIN (Closing 1625   -1.8%)
MAIN terus melemah. Belum terlihat ada indikasi yang jelas. Saat ini terdapat support di 1600. Saya masih ragu. Bagi yang ingin entry tetap kontrol resiko.

PGAS (Closing 4720   +1.5%)
PGAS ditutup menguat. Indikator mulai membentuk signal penguatan. Masih terlihat ada indikasi teknikal rebound. Untuk sementara penguatan ke area 4850-4900 kemungkinan cuma sebatas teknikal rebound, jadi bila level ini diuji dan terlihat sulit ditembus bisa pertimbangkan untuk jualan dulu. Support sementara di area 4600.

PTBA (Closing 10500   +2.4%)
PTBA ditutup menguat. Indikator mengindikasikan penguatan. PTBA beberapa hari ini terus berusaha menembus resistance Ma20 di 10500. Indikator sendiri makin mengarah ke penguatan. Penembusan level 10500 akan membawa PTBA menguat ke area 11200. Support sementara akan saya pertahankan di 10000.

PTPP (Closing 3700   +0.1%)
PTPP berkonsolidasi. Indikator mengindikasikan pelemahan. Secara overall indikasi pelemahan lebih dominan. Untuk sementara saya melihat saham ini masih dalam tren pelemahannya. Saya akan mempertahankan support psikologis 3500 dan support 3420.

SMGR (Closing 13450   +3.5%)
SMGR ditutup menguat. Indikator mengindikasikan penguatan. Indikasi penguatan terlihat cukup solid. Ada kemungkinan penguatan akan berlanjut. Penguatan ke area 13700-13800 kemungkinan hanya sebatas teknikal rebound, jadi bila terlihat sulit ditembus bisa pertimbangkan untuk jualan dulu.

TLKM (Closing 2810   0%)
TLKM dibuka melemah ke area 2770, lalu kemblai menguat menyentuh level 2855 sebelum akhirnya kembali turun. Indikator masih mengindikasikan pelemahan. TLKM mengalami teknikal rebound. Mulai terlihat ada aksi perlawanan, namun saya masih ragu. Untuk saat ini saya masih melihat level 2850-2870 sebagai resistance terdekat. Jadi bila level ini diuji dan terlihat sulit ditembus bisa pertimbangkan untuk jualan dulu. Support sementara di 2780.

UNTR (Closing 21400  +2.6%)
UNTR hari ini dibuka melemah ke area 20650, lalu kembali menguat menyentuh level 21900 dan ditutup di 21400. Indikator masih mengindikasiakn pelemahan. UNTR berusaha mempertahankan momentum penguatannya, namun secara indikator dan Ma masih meragukan. Untuk sementara support masih saya pertahankan di 20500 dan resistance di 22500. Bagi yang masih ada posisi tetap kontrol resiko.

UNVR (Closing 39100   +1.6%)
UNVR ditutup menguat. Indikator berpotensi membentuk signal penguatan. UNVR masih mempertahankan momentum penguatannya. Untuk saat ini resistance masih di kisaran 40300-40400. Menurut saya penguatan ini bisa dimanfaatkan untuk SoS. Support sementara di 36900.

WIKA (Closing 3355   -1.3%)
WIKA ditutup melemah. Indikator mengindikasikan pelemahan. Masih ada potensi pelemahan berlanjut ke area 3320. Belum terlihat ada indikasi perlawanan yang solid. Bagi yang ingin entry tetap kontrol resiko.

Review By Request :
KAEF (Closing 1320   +2.7%)
KAEF ditutup menguat. Indikator sejauh ini masih mengindikasikan pelemahan. Belum terlihat ada indikasi maupun pergerakan yang solid. Secara overall saham ini condong melemah, namun support 1280 masih bertahan. Bagi yang ingin entry tetap kontrol resiko.

PWON (Closing 497    +1.2%)
PWON ditutup menguat. Indikator masih mengindikasikan pelemahan. Saat ini indikasi masih condong ke pelemahan. Indikasi negatif bertambah dengan Ma5 yang deathcross Ma50 dan Ma20 yang mulai menuju ke pelemahan. Support sementara di 480. Saya condong menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.



Hari ini IHSG menguat ditutup di 5396 (+0.5%)

IHSG hari ini menguat, setelah melemah selama 3 hari berturut turut. Secara overall, saya masih condong melihat IHSG akan terus melemah. Apa lagi dana asing masih terus net sell. Penguatan ini menurut saya bisa dijadikan momentum untuk mulai mengurangi posisi saham sambil menunggu munculnya signal beli yang kuat. Saat ini support akan saya gunakan level 5280 dan resistance di 5410-5420.

Dari saham yang saya review, indikasi penguatan masih terlihat di saham AISA, SMGR, GGRM, UNVR, dan PGAS. Saat ini saya condong melihat penguatan hanya sebatas teknikal rebound, jadi bagi yang sudah entry, atau yang ingin entry, disarankan hanya untuk trading jangka pendek. Saham konstruksi terlihat masih berpotensi melemah, bagi yang ingin entry tetap bersabar. Saham perbankan masih belum terlihat ada pergerakan yang berarti. Tetap berhati hati kemungkinan adanya distribusi. Secara umum banyak signal penguatan di saham saham blue chips, namun saya condong melihat penguatan sebatas teknikal rebound, jadi tetap berhati hati.


Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga membantu.



NB : Saat ini saya kembali menggunakan BB, jadi bagi yang berkenan silakan Add saya di 527B2BB0

Salam
Donny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar