Kamis, 26 Maret 2015

Review Market 26 Maret 2015

Dear Client,

NB : Kembali memasuki akhir bulan, maka saya kembali menampilkan review versi member supaya para pembaca mendapat gambaran keuntungan menjadi member.


REVIEW SAHAM

ADHI (Closing 3025  -2.6%)
Masih ada ruang pelemahan bagi ADHI. Semua indikator masih mendukung terjadinya pelemahan. Support sementara akan saya pertahankan di 2900. Untuk sementara saya condong menunggu konfirmasi sebelum memberikan rekomendasi.

ADRO (Closing 945   -2.1%)
ADRO melanjutkan pelemahannya. Indikator masi condong melemah. Saat ini resistance di area 1020 dan support di 930. Belum ada signal yang kuat, jadi saya cenderung menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

AISA (Closing 2045   -1.2%)
AISA kembali melemah. Indikator sendiri masih mengarah ke pelemahan. Saat ini AISA mendekati support psikologis 2000. Tekanan jual sendiri masih kuat, jadi bisa dipantau apakah support ini mampu bertahan atau tidak.

ASII (Closing 8150  -0.6%)
ASII ditutup melemah. Indikator saat ini mengindikasikan pelemahan. Saham ini berusaha mempertahankan momentum penguatannya. Selama ASII bertahan di atas 8000, masih ada potensi saham ini untuk menguat. Spek buy menurut saya bisa dilakukan di kisaran 8100-8150, namun tetap kontrol resiko.   

ASRI (Closing 525   -3.7%)
ASRI ditutup melemah dan menembus support 530. Indikator mengindikasikan pelemahan. Stochastic sendiri masuk area oversold. Belum terlihat ada aksi perlawanan. Tekanan jual masih akan berlangsung. Support di kisaran 500. Bisa dipantau apakah support ini mampu bertahan atau tidak.

BBRI (Closing 13125   -0.2%)
BBRI berkonsolidasi. Indikator berpotensi membentuk signal penguatan. Untuk sementara saya akan mempertahankan support di 12400 dan resistance di 13300. Menurut saya belum terlihat ada indikasi yang jelas. Saya condong menunggu konfirmasi penembusan support atau resistance sebelum memberikan rekomendasi.

BBCA (Closing 14525   -0.7%)
BBCA ditutup melemah. Belum terlihat ada indikasi yang jelas. Support sementara akan saya pertahankan di 14100-14200 dan resistance di area 15500. Saya cenderung menunggu konfirmasi penembusan support atau resistance sebelum memberikan rekomendasi.

BBNI (Closing 7100   +0.7%)
BBNI ditutup menguat. Indikator mengindikasikan penguatan. Stochastic sendiri bertahan di area overbought. Saham ini terus bertahan di kisaran resistance. Masih ada potensi saham ini untuk menguat. Namun kondisi market kurang kondusif. Bila resistance ditembus, menurut saya akan menjadi momentum yang tepat untuk mulai jualan. Saat ini resistance di 7100 dan support di 6900.

BMRI (Closing 12050   +0.2%)
BMRI berkonsolidasi. Indikator mengindikasikan pelemahan. Support sementara di 11800 dan resistance di 12300. Saya condong menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

CPIN (Closing 3345   -5%)
CPIN ditutup melemah cukup signifikan dan menembus support 3500. Penembusan level 3500 berpotensi membawa CPIN melemah ke area 3100-3150. Indikator saat ini masih mengindikasikan pelemahan. CPIN sendiri ditutup di luar bolinger bawahnya, ditambah tercipta gap yang lebar dengan Ma5nya, jadi terbuka potensi terjadinya teknikal rebound. Bagi yang ingin entry tetap kontrol resiko mengingat kondisi market yang kurang kondusif.

GGRM (Closing 48100   -3.2%)
GGRM ditutup melemah dan menguji support 48000. Belum terlihat ada aksi beli. Indikator sejauh ini masih mengindikasikan pelemahan. Penembusan support 48000 akan membawa GGRM melemah ke area 45000. Bagi yang ada posisi, tetap berhati hati.

ICBP (Closing 14175   -1.2%)
ICBP ditutup melemah. Indikator mengindikasikan pelemahan. ICBP terus melemah dan berpotensi menguji support 13900. Belum terlihat ada indikasi yang bagus, jadi ada potensi support ini gagal bertahan. Setelah level 13900, terdapat support Fibo di kisaran 13700. Untuk sementara saya cenderung menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

INDF (Closing 7375  -0.7%)
INDF ditutup melemah. Indikator saat ini kurang jelas. Belum terlihat ada indikasi yang solid. Untuk sementara INDF maish masuk dalam range konsolidasi 7200-7650. Selama level ini bertahan bisa dimanfaatkan untuk trading janga pendek.

INTP (Closing 21025  +0.1%)
INTP dibuka melemah ke area 20475, lalu kembali menguat ditutup di 21025. Indikator saat in kurang jelas. Stochastic sendiri masih di area oversold. Hari ini terlihat ada aksi perlawanan, namun sejauh ini masih meragukan. Support 20700 sempat ditembus, jadi saat ini saya akan menggunakan support psikologis di 20000. Aksi perlawanan sendiri sudah terlihat, jadi menurut saya akumulasi mulai bisa dilakukan, namun mohon untuk tetap menerapkan kontrol resiko mengingat kondisi market kurang kondusif.

JSMR (Closing 7075   -0.4%)
JSMR ditutup melemah. Indikator mengindikasikan pelemahan. JSMR masih berada dalam range transaksi 6900-7250. Selama belum ada penembusan range tersebut, bisa lakukan trading jangka pendek.

KLBF (Closing 1835   +1.7%)
KLBF ditutup menguat. Indikator mengindikasikan penguatan. Support 1790 bertahan, sejauh ini momentum penguatan masih terjaga. Saya sendiri masih ragu, Bagi yang ingin entry usahakan sedekat mungkin dengan support 1790.

MAIN (Closing 1655   -6.5%)
MAIN ditutup melemah signifikan. Indikator mengindikasikan pelemahan. MAIN menembus support 1750 dan saat ini menuju ke support 1600. Belum terlihat ada indikasi yang bagus. Namun MAIN mulai ditutup di luar bolinger bawahnya, dan mulai tercipta gap yang lebar dengan Ma5nya, jadi ada potensi terjadi teknikal rebound. Bagi yang ingin entry, tetap kontrol resiko karena situasi market yang kurang kondusif.

PGAS (Closing 4650   -0.1%)
PGAS dibuka menguat menyentuh ke area 4725, namun kembali turun ditutup di 4650. Indikator mengindikasikan pelemahan. Saat ini saya lihat penguatan PGAS cuma sebatas teknikal rebound. Masih ada potensi saham ini untuk melemah. Support terdekat saat ini masih di kisaran 4600 dan support yang cukup kuat di 4500. Bagi yang sudah entry tetap berhati hati.

PTBA (Closing 10250   -0.5%)
PTBA ditutup melemah. Indikator mengindikasikan pelemahan. Untuk sementara resistance di 10500 dan suppoort di 10000. Bagi yang ingin entry tetap kontrol resiko.

PTPP (Closing 3695   -1.7%)
PTPP ditutup melemah. Indikator condong melemah. Masih ada potensi PTPP untuk melemah. Saya akan mempertahankan support psikologis 3500 dan support 3420. Belum terlihat ada aksi perlawanan. Bagi yang ingin entry tetap kontrol resiko,

SMGR (Closing 13000   +1%)
SMGR dibuka melemah ke area 12525, lalu mengalami teknikal rebound dan ditutup di 13000. Indikator sejauh ini masih mengindikasikan pelemahan. Stochastic sendiri di area oversold mulai golden cross, jadi masih ada tanda tanda penguatan. Secara overall situasi di market masih kurang kondusif. Support akan saya pertahankan di 12600 dan 12300. Bagi yang ingin entry tetap kontrol resiko.

TLKM (Closing 2810   -2.4%)
TLKM menembus support 2880 dan menguji support 2800. Indikator mengindikasikan pelemahan. Saat ini TLKM ditutup di luar bolinger bawahnya, dan tercipta gap yang cukup lebar dengan Ma5nya, jadi ada potensi terjadi teknikal rebound. Penguatan ke area 2850-2870 kemungkinan hanya teknikal rebound dan dapat dimanfaatkan untuk jualan dulu.

UNTR (Closing 20850  -1.4%)
UNTR ditutup melemah. Indikator mengindikasikan pelemahan. UNTR berpotensi menguji support 20500. Untuk saat ini saya masih ragu, jadi saya condong menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

UNVR (Closing 38500   -0.8%)
UNVR ditutup melemah. Indikator mengindikasikan pelemahan. Meskipun masih dalam tren naiknya, situasi market membuat saya was was. Ada potensi UNVR untuk mengakhiri momentum penguatannya. Saat ini support akan saya gunakan di 36900. Bagi yang ingin entry tetap kontrol resiko. Resistance sementara di 40300-40400.

WIKA (Closing 3400   -1.4%)
WIKA ditutup melemah. Indikator mengindikasikan pelemahan. Masih ada potensi pelemahan berlanjut ke area 3320. Untuk sementara saya condong menunggu adanya aksi beli sebelum memberikan rekomendasi.



Hari ini IHSG melemah ditutup di 5368 (-0.7%)

IHSG akhirnya menembus support 5400. Setelah menembus support ini, IHSG langsung menguji support 5360. Secara overall semua indikator sudah condong melemah, jadi ada potensi pelemahan berlanjut. Saat ini saya akan menggunakan support 5280 untuk IHSG.

Dari saham yang saya review, hanya saham perbankan, ASII, KLBF, UNVR, dan JSMR yang terlihat tidak memunculkan signal jual. Saham JSMR secara overall hanya bergerak konsolidasi. Bisa dipantau area konsolidasinya untuk trading jangka pendek. Sedangkan saham lainnya, ada dua kemungkinan mengapa saham ini tidak turun. Yang pertama pihak fund manager mengalokasikan dananya dari saham atau sektor yang menurut mereka menghawatirkan, ke sektor atau saham yang lebih stabil. Sedangkan kemungkinan kedua, saham tersebut sengaja tidak diturunkan untuk memberikan waktu bagi para fund manager untuk melakukan penjualan. Bagi para trader jangka pendek, bisa pantau saham saham yang ditutup cukup jauh dari bolinger bawahnya, dan gap dengan ma5 cukup lebar, karena berpotensi terjadi teknikal rebound, seperti yang hari ini terjadi di saham PGAS dan SMGR. Dari saham yang saya review, yang memenuhi kriteria seperti ini adalah MAIN, TLKM, dan CPIN.


Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga membantu.



NB : Saat ini saya kembali menggunakan BB, jadi bagi yang berkenan silakan Add saya di 527B2BB0

Salam
Donny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar