Senin, 30 Maret 2015

Review Market 30 Maret 2015

Dear Client,

NB : Kembali memasuki akhir bulan, saya kembali menampilkan review secara lengkap untuk member supaya para pembaca bisa mendapatkan gambaran keuntungan menjadi member

REVIEW SAHAM

ADHI (Closing 3040  +0.8%)
ADHI ditutup menguat. Mulai terlihat ada aksi perlawanan. Bila penguatan berlanjut, ADHI berpotensi menguji resistance 3150-3170. Support sementara masih saya pertahankan di 2900. Namun bisa dipantau juga support psikologis di 3000. Bagi yang ingin entry, tetap kontrol resiko mengingat secara umum tren masih condong ke pelemahan.

ADRO (Closing 960   +1.1%)
ADRO ditutup menguat. Indikator berpotensi membentuk signal penguatan. Secara overall belum terlihat ada indikasi yang solid. Saat ini resistance di area 1020 dan support di 930. Saat ini saya cenderung menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

AISA (Closing 2095   +0.2%)
AISA berkonsolidasi. Dari indikator masih terlihat ada potensi penguatan. Untuk saat ini saya masih melihat penguatan sebatas teknikal rebound. Resistance akan saya pertahankan di 2130-2150 dan support di 2050-2055. Bila resistance tersebut diuji dan terlihat sulit ditembus bisa pertimbangkan untuk jualan dulu.

ASII (Closing 8375  +2.1%)
ASII ditutup menguat. Indikator mengindikasikan penguatan. Masih ada potensi saham ini untuk menguat. Target penguatan sementara ada di kisaran 8700-8800. Support sendiri akan saya pertahankan di 8100-8150. Bagi yang sudah entry bisa pantau resistance tersebut yang berpotensi menahan penguatan ASII. 

ASRI (Closing 555   +2.8%)
ASRI menguat dan menguji resistance 570, lalu kembali turun ditutup di 555. Indikator mulai membentuk signal penguatan. Stochastic sendiri masih berada di area oversold. Untuk saat ini masih terlihat ada potensi penguatan. Saat ini resistance ASRI ada di 570 dan 600. Bagi yang ingin entry tetap kontrol resiko.  Support akan saya pertahankan di 500.

BBRI (Closing 13025   -0.4%)
BBRI berkonsolidasi. Indikator mengindikasikan pelemahan. Untuk sementara saya akan mempertahankan support di 12400 dan resistance di 13300. Menurut saya belum terlihat ada indikasi yang jelas. Saya condong menunggu konfirmasi penembusan support atau resistance sebelum memberikan rekomendasi.

BBCA (Closing 14500   +0.3%)
BBCA berkonsolidasi. Indikator membentuk signal pelemahan. Support sementara akan saya pertahankan di 14100-14200 dan resistance di area 15500. Saya cenderung menunggu konfirmasi penembusan support atau resistance sebelum memberikan rekomendasi.

BBNI (Closing 7000   -1.4%)
BBNI dibuka menguat menembus resistance 7100 dengan highnya di 7200, namun tidak mampu bertahan dan ditutup melemah. Indikator saat ini mengindikasikan pelemahan. Saat ini support yang relatif kuat ada di 6600. Jadi bila pelemahan berlanjut bisa pantau apakah support ini mampu bertahan atau tidak.

BMRI (Closing 12100   +1.3%)
BMRI hari ini menguat menguji resistance 12300, namun gagal menembus dan terkoreksi. Indikator mengindikasikan pelemahan. Support sementara di 11800 dan resistance di 12300. Belum terlihat ada indikasi yang solid. Saya condong menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

CPIN (Closing 3490   +2.3%)
CPIN ditutup menguat. Indikator mulai membentuk signal penguatan. Saat ini CPIN sudah mencapai target teknikal rebound 3500-3550. Indikasi penguatan masih cukup bagus, namun tetap berhati hati mengingat tren lebih condong ke turun. Support akan saya pertahankan di 3100. Bagi yang sudah ada posisi tetap perhatikan level 3500-3550.

GGRM (Closing 49500   -0.5%)
GGRM berkonsolidasi. Indikator membentuk signal penguatan. Secara overall posisi penutupan dan indikator masih cukup bagus. Menurut saya masih ada potensi penguatan berlanjut ke area 51000-51500. Saat ini saya masih melihat penguatan sebatas teknikal rebound, jadi bagi yang sudah ada posisi tetap berhati hati. Support sementara di 48000.

ICBP (Closing 14200   +0.7%)
ICBP ditutup menguat. Indikator mengindikasikan pelemahan. Stochastic masih berada di area oversold. Signal saat ini lebih condong ke pelemahan, meskipun belum terlihat solid. Saat ini support akan saya pertahankan di 13700. Bagi yang ingin entry tetap kontrol resiko.

INDF (Closing 7475  +0.7%)
INDF ditutup menguat. Indikator saat ini kurang jelas. Belum terlihat ada indikasi yang solid. Untuk sementara INDF maish masuk dalam range konsolidasi 7200-7650. Selama level ini bertahan bisa dimanfaatkan untuk trading janga pendek.

INTP (Closing 21450  +0.2%)
INTP mencapai target teknikal rebound dengan highnya di 21650. Indikator membentuk signal penguatan, jadi masih ada potensi INTP untuk terus menguat dan menguji kembali level 21700-22000. Saat ini saya masih melihat penguatan sebatas teknikal rebound, jadi bisa dipantau apakah resistance tersebut bisa ditembus atau tidak. Support sementara di 20000.

JSMR (Closing 7150   +0%)
JSMR berkonsolidasi. Belum terlihat ada indikasi yang jelas. JSMR masih berada dalam range transaksi 6900-7250. Selama belum ada penembusan range tersebut, bisa lakukan trading jangka pendek.

KLBF (Closing 1845   +0.3%)
KLBF berkonsolidasi. Indikator mengindikasikan penguatan. Saat ini rata rata indikasi masih condong ke penguatan. Support akan saya pertahankan di 1790 dan resistance di 1880. Bagi yang sudah ada posisi bisa dipantau apakah resistance 1880 bisa ditembus atau tidak.

MAIN (Closing 1630   +0.3%)
MAIN dibuka melemah ke 1585, lalu kembali menguat ditutup di 1630. Indikator masih mengindikasikan pelemahan, namun Stochastic di area oversold mulai membentuk signal penguatan. Dari posisi closing dan Stochastic, ada potensi teknikal rebound berlanjut. Support akan saya pertahankan di 1600. Spek Buy menurut saya bisa dipertimbangkan, namun terapkan kontrol resiko. Saat ini level 1790-1800 akan menjadi target penguatan terdekat.

PGAS (Closing 4805   +1.8%)
PGAS ditutup menguat. Indikator mengindikasikan penguatan. Teknikal rebound masih berlanjut. Saat ini saya melihat level 4850-4900 sebagai target penguatan sementara. Bagi yang membeli saham ini bisa dipantau apakah PGAS berhasil menembus resistance tersebut atau tidak. Support sementara di 4600.

PTBA (Closing 10700   +1.9%)
PTBA ditutup menguat. Indikator mengindikasikan penguatan. PTBA menembus resistance Ma20 di 10500. Penguatannya sendiri terlihat cukup solid. Ada potensi penguatan berlanjut ke area 11200. Spec Buy menurut saya bisa dipertimbangkan. Support sementara di 10500.

PTPP (Closing 3760   +1.6%)
PTPP ditutup menguat. Indikator membentuk signal penguatan. Saat ini resistance terdekat ada di 3800. Menurut saya penguatan ini masih sebatas teknikal rebound. Jadi bisa dipantau apakah resistance ini bisa ditembus atau tidak. Support akan saya pertahankan di 3500 dan 3420.

SMGR (Closing 13550   +0.7%)
SMGR ditutup menguat. Indikator masih mengindikasikan penguatan. Untuk sementara saya masih melihat penguatan ke area 13700-13800 kemungkinan hanya sebatas teknikal rebound, jadi bila terlihat sulit ditembus bisa pertimbangkan untuk jualan dulu. Support sementara di 12500.

TLKM (Closing 2865   +2%)
TLKM dibuka menguat ke area 2895, lalu ditutup agak turun ke area 2865. Indikator mulai membentuk signal penguatan. TLKM menguji resistance Ma50 di 2900 namun gagal menembus. Secara overall saya masih melihat penguatan sebatas teknikal rebound. Jadi bagi yang sudah ada posisi tetap berhati hati. Support sementara di 2780.

UNTR (Closing 21550  +0.7%)
UNTR ditutup menguat. Indikator mulai membentuk signal penguatan. Momentum penguatan sejauh ini masih terjaga. Untuk sementara support masih saya pertahankan di 20500 dan resistance di 22500. Bagi yang masih ada posisi tetap kontrol resiko.

UNVR (Closing 39650   +1.4%)
UNVR ditutup menguat. Indikator membentuk signal penguatan. Momentum penguatan masih terjaga. Masih ada potensi UNVR menguji resistance 40300-40400. Resistance ini pernah menahan penguatan UNVR, jadi bila level ini diuji dan terlihat sulit ditembus bisa pertimbangkan untuk jualan dulu. Support sementara di 36900.

WIKA (Closing 3410   +1.6%)
WIKA ditutup menguat. Indikator saat ini mengindikasikan pelemahan. Posisi penutupannya saat ini cukup bagus. Bila penguatan berlanjut, WIKA berpotensi menguji level 3480-3500. Saat ini masih ada potensi penguatan hanya sebatas teknikal rebound. Jadi bila level tersebut diuji dan terlihat sulit ditembus bisa pertimbangkan untuk jualan dulu. Support sementara di 3320.




Hari ini IHSG menguat ditutup di 5438 (+0.8%)

IHSG hari ini menguat cukup signifikan dengan ditopang oleh penguatan dari saham konstruksi, properti, ASII, PGAS, dan UNVR. Posisi penutupan IHSG saat ini cukup bagus. Namun ujian pertama IHSG adalah menembus resistance Ma20 di 5440. Penembusan resistance ini berpotensi mengakhiri tren turun jangka pendek dari IHSG. Support sementara akan saya pertahankan di 3280..

Dari saham yang saya review, ASII, setelah satu minggu bertahan di atas level 8100-8150 akhirnya kembali menguat dan berpotensi menguji level 8700. Saham konstruksi mulai menguat, namun masih ada kemungkinan penguatan hanya sebatas teknikal rebound. Jadi disarankan untuk tetap berhati hati. Rata rata saham lain yang menguat mulai menguji resistancenya, seperti UNVR, SMGR, AISA, dan CPIN. Jadi bisa dipantau apakah resistance mampu ditembus atau tidak. Saham MAIN mulai terlihat ada geliat penguatan. Posisi pentupan dan indikator cukup bagus. Menurut saya bisa dipantau untuk potensi buy. Belum ada sentimen baru di market. Jadi seperti yang biasa saya ucapkan, tetap kontrol resiko.


Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga membantu.



NB : Saat ini saya kembali menggunakan BB, jadi bagi yang berkenan silakan Add saya di 527B2BB0

Salam
Donny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar