Rabu, 28 Januari 2015

Review Market 28 Januari 2015

Dear Client,


REVIEW SAHAM

ADHI (Closing 3640  +0.3%)
ADHI hari ini bergerak konsolidasi. Indikator masih condong ke pelemahan. Untuk sementara saya akan mempertahankan view pelemahan. Support sementara di area 3450. Bisa pantau apakah support ini mampu bertahan atau tidak.

ADRO (Closing 995   -0.5%)
ADRO hari ini bergerak konsolidasi. Indikasi saat ini mix. Belum terlihat ada indikasi yang solid. Untuk jangka pendek ada potensi ADRO untuk menguat. Resistance masih akan saya pertahankan di 1040-1050. Mohon berhati hati akan potensi profit taking di level ini. Support sementara di 910.

AISA (Closing 2130   -0.9%)
AISA hari ini dibuka melemah ke area 2040, lalu mampu kembali menguat dan ditutup di 2130. Indikator saat ini mix, dengan MACD mengindikasikan penguatan dan Stochastic di area overbought berpotensi membentuk signal pelemahan. Pergerakan AISA cukup aneh. Pelemahan ke area 2040 sendiri tidak diiringi dengan tekanan jual yang kuat. Jadi kemungkinan hanya salah input. Untuk saat ini support masih saya pertahankan di 2100. Menurut saya level ini masih cukup layak dipantau untuk potensi entry. Untuk sementara resistance akan saya pertahankan di 2300.

ASII (Closing 7825  0%)
ASII berkonsolidasi. Indikator mulai condong ke pelemahan, ditambah dengan Stochastic yang masih di area overbought. Saat ini masih terlihat ada indikasi profit taking, meskipun tekanan jual mulai berkurang. Support yang relatif kuat ada di kisaran 7550-7600. Bagi yang ingin entry bisa pertimbangkan level tersebut untuk entry. 

ASRI (Closing 595   -0.8%)
ASRI hari ini melemah. Indikator saat ini mix, namun lebih condong ke pelemahan. Untuk sementara support di kisaran 575 dan resistance di 620. Saya condong menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

BBRI (Closing 11700  -1.9%)
BBRI hari ini melemah. Indikator saat ini mulai berpotensi membentuk signal pelemahan. Belum terlihat ada indikasi yang solid. Selama ini BBRI cenderung bergerak dalam range bolingernya, maka bisa perhatikan bolinger atas di 12000 sebagai resistance dan bolinger bawah di 11400 sebagai support.

BBCA (Closing 13275   +0.6%)
BBCA berkonsolidasi dengan kecenderungan menguat. Indikator saat ini mix. BBCA terlihat berusaha untuk menguat. BBCA selama ini berada dalam trading range 12900-13500, jadi bisa dipantau area tersebut untuk trading.

BBNI (Closing 6175   -0.4%)
BBNI hari ini dibuka menguat dan menyentuh level 6300, namun gagal bertahan dan terkoreksi. Indikator sejauh ini masih mengarah ke penguatan. Secara overall masih terlihat ada potensi penguatan di saham ini. Penembusan level 6200 sendiri berpotensi membawa BBNI menguat ke area 6700. Untuk saat ini saya akan mempertahankan rekomendasi buy bila level 6200 ditembus.

BMRI (Closing 10975   -0.9%)
BMRI hari ini bergerak melemah. Indikasi sementara mix, namun mulai condong ke pelemahan. BMRI melemah dan berpotensi menguji support Ma20. Support ini jangka pendek cukup kuat. Bagi yang ingin entry bisa pantau support ini. Resistance sementara di area 11650.

CPIN (Closing 3985   -1%)
CPIN hari ini melemah. Indikator mulai berpotensi membentuk signal pelemahan. Mulai terlihat ada potensi profit taking. Ternyata CPIN kesulitan dalam menembus resistance 4030. Secara overall saya masih melihat adanya potensi penguatan. Support akan saya pertahankan di area 3900-3920. Bagi yang sudah entry di 4000, tetap kontrol resiko.

GGRM (Closing 57175   -2.3%)
GGRM hari ini bergerak melemah. Indikator berpotensi membentuk signal pelemahan. Belum terlihat ada indikasi yang jelas, namun posisi penutupan saat ini kurang bagus. Support sementara akan saya pertahankan di 56000. Saya condong menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

ICBP (Closing 14700   -0.5%)
ICBP hari ini berkonsolidasi. Indikator masih mix, namun mulai condong membentuk signal pelemahan. Belum terlihat ada arah yang solid. Saat ini saya condong menggunakan support yang 13500 yang relatif kuat. Bagi yang ingin entry tetap kontrol resiko. Resistance sementara di area 16000.

INDF (Closing 7400  -1%)
INDF melemah. Indikator membentuk signal pelemahan. INDF terus bergerak melemah. Saat ini INDF masih bertahan di atas Ma20nya, namun indikator yang makin melemah membuat saya ragu. Untuk sementara support akan saya revisi ke 7200. Untuk sementara saya condong menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

INTP (Closing 23000  +0%)
INTP hari ini berkonsolidasi. Indikator saat ini mix. Beberapa kali resistance 23200 diuji, dan sepertinya INTP kesulitan menembus resistance ini. Support sendiri akan saya pertahankan di 22000. Untuk sementara saya condong menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

JSMR (Closing 7125   +0.4%)
JSMR hari ini berkonsolidasi. Indikator saat ini condong ke pelemahan. Indikasi sementara masih kurang bagus, namun JSMR berusaha mempertahankan momentum penguatannya. Menurut saya saham ini masih berpotensi untuk menguat. Support akan saya pertahankan di 6900, untuk aggressive entry bisa gunakan di 7000.

KLBF (Closing 1860   +0.3%)
KLBF hari ini bergerak konsolidasi. Indikator saat ini mix dengan MACD mengarah ke penguatan dan Stochastic di area overbought mengindikasikan pelemahan. Untuk saat ini saya masih mempertahankan view penguatan. Spek buy menurut saya bisa dipertimbangkan dengan aggressive entry 1850. Support sementara saya gunakan Ma50 di 1790-1800. Tetap kontrol resiko.

MAIN (Closing 2175   +0.2%)
MAIN hari ini bergerak konsolidasi. Indikator saat ini mix dengan MACD mengindikasikan penguatan dan Stochastic di area overbought membuka potensi pelemahan. Untuk jangka pendek ada potensi saham ini untuk melemah, namun menurut saya pelemahan bisa dimanfaatkan untuk entry. Saat ini support di kisaran 2050. Spek buy menurut saya masih bisa dilakukan. Untuk aggressive buy bisa gunakan level 2100. Tetap kontrol resiko. Resistance sementara di 2205

PGAS (Closing 5225   -0.9%)
PGAS hari ini bergerak. Indikator saat ini condong ke pelemahan. Terlihat ada aksi perlawanan di PGAS. Namun saya masih ragu. Support sementara akan saya pertahankan di area 5000. Saya cenderung menunggu konfirmasi signal lagi sebelum memberikan rekomendasi.

PTBA (Closing 11525   +1.1%)
PTBA hari ini kembali menguat. Indikator saat ini condong membentuk signal penguatan. PTBA ditutup sedikit di atas resistance 11500. Bila memang penguatan berlanjut, PTBA berpotensi menguji level 12200-12300. Untuk jangka pendek masih ada potensi penguatan di saham ini. Resistance jangka pendek ada di Ma20nya di 11500. Bila level ini ditembus, PTBA berpotensi menguji resistance 12200-12300. Saham ini sendiri masih berada dalam tren turunnya, jadi mohon mewaspadai kemungkinan profit taking sewaktu waktu. Support sendiri akan saya pertahankan di 11000.

PTPP (Closing 3800   +0.5%)
PTPP berkonsolidasi. Indikator saat ini mengindikasikan pelemahan. PTPP masih bertahan di kisaran Ma20nya. Indikator sendiri masih meragukan. Bagi yang ingin entry, tetap gunakan support Ma20nya, namun dengan kontrol resiko yang ketat. Support Ma20 di 3700.

SMGR (Closing 14475   -0.3%)
SMGR berkonsolidasi. Indikator saat ini condong mengindikasikan penguatan. Secara overall masih ada potensi saham ini untuk menguat. Support sementara akan saya pertahankan di 14000, dan untuk aggressive buy bisa gunakan level 14300-14400. Resistance SMGR menurut Fibonacci ada di 14900, 15200, dan 15500. Bagi yang ingin entry, tetap kontrol resiko.

UNTR (Closing 18200  +0%)
UNTR hari ini berkonsolidasi. Indikator saat ini mix dengan MACD mengindikasikan penguatan dan Stochastic di area overbought berpotensi membentuk signal pelemahan. Untuk saat ini saya akan mempertahankan view penguatan target penguatan 19400-19500. Spek buy menurut saya bisa dilakukan dengan aggressive entry 18000. Tetap kontrol resiko dengan ketat.

UNVR (Closing 35500   -0.1%)
UNVR berkonsolidasi. Indikator saat ini mengindikasikan pelemahan. Belum terlihat ada indikasi yang solid. Support yang relatif kuat ada di kisaran 33600-33700. Untuk sementara saya condong menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

WIKA (Closing 3675   +1.2%)
WIKA hari ini menguat. Indikator saat ini masih mengarah ke pelemahan. Belum terlihat adanya indikasi yang solid. Untuk sementara saya melihat WIKA bergerak dengan range 3550-3750. Untuk sementara bisa manfaatkan area tersebut untuk trading hingga adanya signal yang baru.



Hari ini IHSG melemah tipis ditutup di 5268 (-0.2%)

IHSG di sepanjang sesi bergerak konsolidasi dengan kecenderungan melemah. Indikator masih mix dengan MACD mengarah ke penguatan dan Stochastic mengindikasikan pelemahan. Untuk saat ini support masih akan saya pertahankan di Ma20nya di 5200-5210. Untuk sementara mari kita pantau apakah support ini mampu bertahan atau tidak.

Belum ada indikasi baru yang bisa saya dapatkan dari pergerakan hari ini. Menurut saya yang masih cukup layak dipantau adalah BBNI, SMGR, UNTR, dan AISA. Namun indikasi penguatan ssaham saham itu pun belum bisa dibilang solid. Jadi bagi yang ingin entry, tetap terapkan kontrol resiko yang ketat.

Selain itu yang perlu diperhatikan masih momentum laporan keuangan. Sektor yang tahun lalu membukukan kinerja yang bagus ada di perbankan, konstruksi, properti, dan konsumer. Jadi bisa dipantau apakah kinerjanya masih bagus atau tidak. Dari informasi yang saya dapat, kemungkinan BBNI dan BDMN besok akan merilis laporan keuangannya. Mari kita pantau hasilnya.


Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga membantu.

NB : Saat ini saya kembali menggunakan BB, jadi bagi yang berkenan silakan Add saya di 527B2BB0

Salam
Donny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar