Selasa, 27 Januari 2015

Review Market 27 Januari 2015

Dear Client,


Kembali memasuki akhir bulan, maka saya kembali menampilkan review secara lengkap untuk member supaya para pembaca bisa mendapatkan gambaran apa yang bisa didapatkan dengan bergabung menjadi member


REVIEW SAHAM

ADHI (Closing 3630  +1.4%)
ADHI hari ini bergerak menguat. Indikator saat ini masih condong ke pelemahan. Belum terlihat adanya indikasi yang solid. Untuk sementara saya akan mempertahankan view pelemahan. Support sementara di area 3450. Bisa pantau apakah support ini mampu bertahan atau tidak. Bagi yang sudah entry di 3600 tetap kontrol resiko.

ADRO (Closing 1000   +2%)
ADRO hari ini bergerak menguat. Indikasi saat ini mix. Belum terlihat ada indikasi yang solid. Untuk jangka pendek ada potensi ADRO untuk menguat. Resistance masih akan saya pertahankan di 1040-1050. Mohon berhati hati akan potensi profit taking di level ini. Support sementara di 910.

AISA (Closing 2150   -0.7%)
AISA hari ini berkonsolidasi dengan kecenderungan melemah. Indikator saat ini mix, dengan MACD mengindikasikan penguatan dan Stochastic di area overbought berpotensi membentuk signal pelemahan. AISA saat ini masih bertahan di atas Ma20 dan Ma5nya. Tekanan jual belum terlihat. Untuk sementara saya masih melihat saham ini berpotensi menguat. Support akan saya pertahankan di 2100, untuk aggressive buy masih saya pertahankan di 2150. Resistance di 2300.

ASII (Closing 7825  -2.5%)
ASII hari ini kembali melemah. Indikator saat ini mix, namun mulai condong ke pelemahan, ditambah dengan Stochastic yang masih di area overbought. Profit taking terlihat di saham ini. Untuk saat ini masih ada potensi pelemahan akan berlanjut. Support yang relatif kuat ada di kisaran 7550-7600. Bagi yang ingin entry bisa pertimbangkan untuk entry. 

ASRI (Closing 600   +0.8%)
ASRI hari ini berkonsolidasi. Indikator saat ini mix. Dari indikasi Ma, saham ini masih berusaha untuk bergerak menguat. Namun sejauh ini penguatannya kurang didukung oleh volume sehingga terlihat kurang solid. Untuk sementara support di kisaran 575 dan resistance di 620.

BBRI (Closing 11925  +0.4%)
BBRI hari ini berkonsolidasi. Indikator saat ini masih condong mengarah ke penguatan. BBRI terlihat berusaha mempertahankan momentum penguatannya. Belum terlihat ada indikasi yang solid. Selama ini BBRI cenderung bergerak dalam range bolingernya, maka bisa perhatikan bolinger atas di 12000 sebagai resistance dan bolinger bawah di 11400 sebagai support.

BBCA (Closing 13200   +0.4%)
BBCA berkonsolidasi. Indikator saat ini mix, namun condong mengarah ke pelemahan. Selama ini BBCA bergerak dalam range 12900-13500. Jadi saya condong menyarankan untuk trading jangka pendek.

BBNI (Closing 6200   +1.6%)
BBNI hari ini menguat. Indikator sejauh ini masih condong ke penguatan. BBNI hari ini menembus resistance 6200 dengan highnya di 6275, meskipun akhirnya kembali turun ke 6200. Indikasi penguatannya sendiri terlihat cukup solid. Penembusan level 6200 sendiri berpotensi membawa BBNI menguat ke area 6600. Jadi bisa pertimbangkan untuk buy bila penguatan berlanjut.

BMRI (Closing 11075   -0.2%)
BMRI berkonsolidasi. Indikasi sementara mix, namun mulai condong ke pelemahan. Untuk sementara saya akan mempertahankan view penguatan BMRI ke area 11650. Support sementara akan saya gunakan di Ma20nya di 10850-19000. Bagi yang sudah entry di 11200 tetap kontrol resiko.

CPIN (Closing 4025   +0.6%)
CPIN hari ini menguat. Indikator masih mengindikasikan penguatan dan terlihat cukup solid, namun kita perlu mewaspadai. Secara overall saya masih melihat saham ini akan menguat. Resistance terdekat masih akan saya pertahankan di 4030. Bila level ini ditembus, CPIN berpotensi menguji area 4100. Support sementara di 3900-3920. Spek buy menurut saya bisa dilakukan. Untuk aggressive buy bisa gunakan level 4000. Tetap kontrol resiko.

GGRM (Closing 58500   +2.5%)
GGRM menguat. Indikator masih mengindikasikan penguatan. Secara overall saya masih melihat saham ini akan menguat. Resistance yang relatif kuat ada di kisaran Ma20 dan Ma50nya di 59800-60000. Bila penguatan berlanjut, bisa perhatikan level ini yang berpotensi menahan penguatan GGRM. Support akan saya pertahankan di 56000.

ICBP (Closing 14775   +4.8%)
ICBP hari ini menguat signifikan. Indikator masih mix, namun stochastic mulai berpotensi membentuk signal penguatan. Penguatan ICBP hari ini tanpa didukung oleh volume yang besar, jadi saya agak ragu. Saat ini support masih ada di kisaran 13500 dan 14100. Saya sendiri masih melihat tren menengah masih naik, jadi BoW menurut saya masih bisa dipertimbangkan. Resistance sementara di area 16000.

INDF (Closing 7475  0%)
INDF berkonsolidasi. Indikator saat ini masih mengindikasikan pelemahan. Indikasi pelemahan terlihat cukup solid, namun selama Ma20 bertahan, masih ada potensi penguatan. Spek buy sendiri menurut saya masih bisa dilakukan dengan support Ma20 di kisaran 7350. Tetap kontrol resiko.

INTP (Closing 23000  +0.2%)
INTP hari ini berkonsolidasi. Indikator saat ini masih mengarah ke penguatan. Saat ini saya masih melihat saham ini berpotensi menguat. Resistance sementara masih saya pertahankan di 23200 dan 23900. Spek buy menurut saya masih bisa dipertimbangkan dengan aggressive entry 22500. Support sementara di 22000.

JSMR (Closing 7100   +1.4%)
JSMR menguat. Indikator saat ini condong ke pelemahan. Indikasi sementara masih kurang bagus, namun JSMR berusaha mempertahankan momentum penguatannya. Menurut saya saham ini masih berpotensi untuk menguat. Support akan saya pertahankan di 6900, untuk aggressive entry bisa gunakan di 7000.

KLBF (Closing 1855   +0.3%)
KLBF hari ini dibuka langsung di 1805, lalu kembali menguat ditutup di 1855. Indikator saat ini mix dengan MACD mengarah ke penguatan dan Stochastic di area overbought berpotensi membentuk signal pelemahan. Untuk saat ini saya masih mempertahankan view penguatan. Spek buy menurut saya bisa dipertimbangkan dengan aggressive entry 1850. Support sementara saya gunakan Ma50 di 1790-1800. Tetap kontrol resiko.

MAIN (Closing 2170   +1.9%)
MAIN hari ini menguat ke area 2215, lalu kembali turun ditutup di 2170. Indikator saat ini mix dengan MACD mengindikasikan penguatan dan Stochastic di area overbought membuka potensi pelemahan. Saya masih condong melihat saham ini akan terus menguat. MAIN sendiri hari ini menguji resistance Ma50 di 2205, lalu terkoreksi. Saat ini support di kisaran 2050. Spek buy menurut saya masih bisa dilakukan. Untuk aggressive buy bisa gunakan level 2100. Tetap kontrol resiko.

PGAS (Closing 5275   +0.5%)
PGAS hari ini dibuka melemah ke area 5150, lalu mampu kembali menguat dan ditutup di 5275. Indikator saat ini condong ke pelemahan. Terlihat ada aksi perlawanan di PGAS. Namun saya masih ragu. Support sementara akan saya pertahankan di area 5000. Saya cenderung menunggu konfirmasi signal lagi sebelum memberikan rekomendasi. Bagi yang sudah entry di 5250 tetap kontrol resiko.

PTBA (Closing 11400   +1.6%)
PTBA hari ini dibuka melemah menguji support 11000, lalu mengalami teknikal rebound dan ditutup di 11400. Indikator berpotensi membentuk signal penguatan. Untuk jangka pendek masih ada potensi penguatan di saham ini. Resistance jangka pendek ada di Ma20nya di 11500. Bila level ini ditembus, PTBA berpotensi menguji resistance 12200-12300. Support sendiri akan saya pertahankan di 11000.

PTPP (Closing 3780   +0.8%)
PTPP berkonsolidasi. Indikator saat ini mengindikasikan pelemahan. PTPP masih bertahan di kisaran Ma20nya. Indikator sendiri masih meragukan. Bagi yang ingin entry, tetap gunakan support Ma20nya, namun dengan kontrol resiko yang ketat. Support Ma20 di 3700.

SMGR (Closing 14525   +0.3%)
SMGR berkonsolidasi. Indikator saat ini condong mengindikasikan penguatan. Secara overall masih ada potensi saham ini untuk menguat. Support sementara akan saya pertahankan di 14000, dan untuk aggressive buy bisa gunakan level 14300-14400. Resistance SMGR menurut Fibonacci ada di 14900, 15200, dan 15500. Bagi yang ingin entry, tetap kontrol resiko.

UNTR (Closing 18200  +0.8%)
UNTR hari ini berkonsolidasi condong menguat. Indikator mengindikasikan penguatan, namun Stochastic di area overbought berpotensi membentuk signal pelemahan. Saya masih akan mempertahankan view penguatan target penguatan 19400-19500. Spek buy menurut saya bisa dilakukan dengan aggressive entry 18000. Tetap kontrol resiko.

UNVR (Closing 35525   +0.1%)
UNVR dibuka melemah ke 34825, lalu mampu kembali menguat ditutup di 35525. Indikator saat ini berpotensi membentuk signal pelemahan. Masih terlihat ada aksi profit taking, namun selalu diimbangi dengan pembelian kembali. Indikator kurang mendukung penguatan, namun selama Ma20 bertahan, saham ini masih layak dipantau. Spek buy sendiri menurut saya masih bisa dilakukan di kisaran Ma20 di 33700-33900. Tetap kontrol resiko.

WIKA (Closing 3630   +2.3%)
WIKA hari ini menguat. Indikator saat ini condong mengarah ke pelemahan. Saat ini saya masih ragu dengan penguatan WIKA. Bila penguatan berlanjut, WIKA berpotensi menguji level 3750. Support sendiri akan saya pertahankan di 3500. Bagi yang ingin entry tetap kontrol resiko.



Hari ini IHSG berkonsolidasi ditutup di 5277 (+0.3%)

IHSG sepanjang sesi cenderung bergerak konsolidasi. Indikator sendiri mix dengan MACD mengarah ke penguatan dan Stochastic di area overbought membentuk signal pelemahan. Untuk saat ini masih ada potensi IHSG melemah. Support masih akan saya pertahankan di Ma20nya di 5200-5210. Untuk sementara mari kita pantau apakah support ini mampu bertahan atau tidak.

Dari sisi saham blue chips yang saya review, belum terlihat ada indikasi penguatan yang benar benar solid. Yang cukup menarik buat saya adalah saham INTP, SMGR, INTP, UNTR, BBNI, AISA, ICBP, MAIN, CPIN, dan UNVR. Detail support dan resistance bisa dilihat di atas.

Mendekati akhir Januari, emiten mulai merilis laporan keuangannya. Yang sudah dirilis saat ini adalah BBRI dan WSKT, dan overall hasilnya cukup bagus. Hal ini menjelaskan penguatan di saham BBRI dan WSKT. Jadi, untuk sentimen positif jangka pendek, bisa pantau rilisnya laporan keuangan emiten, terutama yang secara konsisten di Q1 hingga Q3 membukukan kinerja yang bagus.


Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga membantu.

NB : Saat ini saya kembali menggunakan BB, jadi bagi yang berkenan silakan Add saya di 527B2BB0

Salam
Donny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar