Jumat, 29 November 2013

Review Market 29 November 2013

Dear Client,

IHSG menguat ditutup di 4256. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. Indikasi saat ini mix. Untuk saat ini saya masih akan mempertahankan support 4200 dan resistance 4270-4280.


REVIEW SAHAM

ADHI
ADHI berkonsolidasi ditutup di 1600. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. Saat ini belum ada indikasi yang jelas, saya akan mempertahankan support 1500 dan resistance 1620.

ADRO
ADRO dibuka menguat menyentuh level 1160, lalu ditutup di 1130. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Indikasi saat ini belum terlalu jelas. Untuk sementara saya akan mempertahankan view pelemahan ADRO ke area 1000. Saat ini SOS dapat dipertimbangkan.

AKRA
AKRA melemah ditutup di 4675. Stochastic membuka potensi penguatan. Indikasi saat ini mix. Untuk sementara support akan saya pertahankan di 4400 dan resistance di 4850.

ASII
ASII berkonsolidasi ditutup di 6250. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. ASSejauh ini support ASII masih bertahan. Sejauh ini indikasi pelemahan lebih dominan, namun selama support 6250-6300 bertahan, ASII masih akan berada dalam trading range 6250-6800, jadi bila level 6250 terlihat kuat bertahan bisa pertimbangkan untuk buy. Mohon terapkan kontrol resiko.

ASRI
ASRI berkonsolidasi ditutup di 475. Stochastic di area oversold mengindikasikan penguatan. Selama level 470 bertahan, ASRI berpotensi mempertahankan momentum penguatannya dengan target 520-530. Jadi spek buy saat ini masih bisa dipertimbangkan. Support sementara akan saya pertahankan di 460-465. Mohon kontrol resiko.

BBRI
BBRI menguat ditutup di 7450. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. Support 7200-7250 sejauh ini bertahan. Untuk saat ini BBRI berpotensi melanjutkan penguatannya ke area 7550-7600. Bila resistance ini ditembus bisa pertimbangkan untuk buy. Mohon terapkan kontrol resiko.

BBCA
BBCA melemah ditutup di 9650. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. Untuk saat ini saya masih akan mempertahankan target pelemahan 9350-9400. Stochastic sendiri sudah di area oversold, jadi bila support ini terlihat kuat bertahan bisa pertimbangkan untuk buy.

BBNI
BBNI berkonsolidasi ditutup di 4100. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. Sudah 2 hari BBNI menguji support 4000-4100, dan sejauh ini support ini mampu bertahan. Indikasi penguatan sendiri belum terlalu terlihat, namun spek buy saat ini bisa dipertimbangkan di 4000-4050. Mohon terapkan kontrol resiko.

BMRI
BMRI menguat ditutup di 7650. Stochastic membuka potensi penguatan. Indikator kembali mix. Saya melihat ada potensi saham ini menguji resistance 8050, namun saya belum sepenuhnya yakin. Bagi yang ingin entry posisi, mohon persiapkan trading plannya. Untuk sementara resistance di 8050 dan support akan saya revisi ke 7450-7500.

CPIN
CPIN melemah ditutup di 3400. Stochastic di area oversold mengindikasikan pelemahan. Untuk saat ini saya masih mempertahankan target pelemahan di area 3300-3325. Chart mulai meninggalkan bolinger band, jadi bila besok ada tekanan cukup kuat di saham ini bisa dipantau akan potensi teknikal rebound.

ERAA
ERAA menguat ditutup di 1050. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. Indikasi penguatan mulai muncul. Bila penguatan berlanjut, ERAA berpotensi menguji ke area 1120-1130. Untuk saat ini support akan saya pertahankan di 1000.

GGRM
GGRM menguat ditutup di 37000. Stochastic membuka potensi penguatan. Indikasi penguatan mulai terlihat, meskipun belum solid. Apabila GGRM melanjutkan penguatannya, GGRM akan menguji resistance 38500. Saat ini support akan saya pertahankan di 35500-35600, untuk aggressive buy bisa gunakan level 36600-36700. Mohon kontrol resiko.

HRUM
HRUM melemah ditutup di 3300. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Untuk saat ini saya masih akan mempertahankan view pelemahan HRUM ke area 3150. Resistance akan saya pertahankan di 3400.

ICBP
ICBP dibuka melemah ke area 9750, lalu ditutup di 10000. Stochastic di area oversold mengindikasikan pelemahan. Signal saat ini masih dominan ke pelemahan, meskipun tidak solid. Untuk saat ini saya akan mempertahankan view pelemahan dengan support 9500-9550. Untuk saat ini saya condong menunggu konfirmasi lebih lanjut sebelum memberikan rekomendasi.

INDF
INDF berkonsolidasi ditutup di 6650. Stochastic signalnya kurang jelas. Indikator saat ini mix. Namun bila INDF menembus resistance 6700-6750 bisa pertimbangkan untuk buy dengan target penguatan 7300-7400. Mohon terapkan kontrol resiko.

INTP
INTP berkonsolidasi ditutup di 18850. Stochastic mengindikasikan penguatan. Indikasi mengarah ke penguatan. BIla INTP melanjutkan penguatannya, INTP akan menguji resistance 19500. Saat ini spek buy bisa dipertimbangkan. Support sementara di 18500, untuk aggressive buy bisa gunakan level 18700. Mohon kontrol resiko.

JSMR
JSMR menguat ditutup di 5100. Stochastic mengindikasikan penguatan. Indikator saat ini mix. Saya belum melihat view yang jelas dari JSMR. Untuk saat ini resistance di 5150 dan support di 4600.

KLBF
KLBF berkonsolidasi ditutup di 1220. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. KLBF menguji support 1200. Secara overall indikasinya kurang meyakinkan, jadi mohon berhati hati bila support 1200 ditembus.

MAIN
MAIN menguat ditutup di 3375. Stochastic di area overbought membuka potensi pelemahan. Untuk saat ini saya masih akan mempertahankan view pelemahan di MAIN dengan target 3150. Resistance masih akan saya pertahankan di 3500.

MAPI
MAPI berkonsolidasi ditutup di 4875. Stochastic mengindikasikan penguatan. Indikator sudah memberi indikasi penguatan, tinggal menunggu konfirmasi dari ma, apakah ma5 mampu golden cross ma20 dan apakah penembusan itu disertai volume yang kuat atau tidak. Saat ini support terdekat masih di area 4700-4725, bagi yang ingin entry mohon terapkan kontrol resiko.

PGAS
PGAS berkonoslidasi ditutup di 4850. Stochastic mengindikasikan penguatan. PGAS ditutup di resistance 4850. Indikator sendiri condong ke penguatan, jadi bila resistance ini ditembus, PGAS akan menguji ke level 5150-5200. Untuk sementara support akan saya pertahankan di 4350-4400.

PTBA
PTBA menguat ditutup di 12000. Stochastic membuka potensi pelemahan. Indikasi saat ini mix. PTBA masih berusaha mencari arah. Saat ini hanya bergerak dalam range sempit 11500-12100. Bagi trader bisa manfaatkan range trading tersebut, namun mohon kontrol resiko.

PTPP
PTPP menguat ditutup di 1150. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. Ada indikasi penguatan di saham ini. Saham ini berpotensi menguji resistance 1170. Untuk support akan saya pertahankan di 1100.

SMGR
SMGR berkonsolidasi ditutup di 12800. Stochastic mengindikasikan penguatan. Indikator sejauh ini condong ke penguatan, namun belum meyakinkan. Untuk saat ini support akan saya pertahankan di 12600 dan resistance di 13500.

UNTR
UNTR melemah ditutup di 18250. Stochastic memasuki area oversold mengindikasikan pelemahan. Untuk saat ini saya masih akan mempertahankan support tren naiknya di kisaran 18100-18200. Bila ada tanda tanda support ini bertahan bisa pertimbangkan untuk buy.

UNVR
UNVR berkonsolidasi ditutup di 26600. Stochastic di area oversold mengindikasikan penguatan. Untuk saat ini saya masih mempertahankan level 27700 sebagai target penguatan sementara. Support akan saya pertahankan di 25500.

WIKA
WIKA menguat ditutup di 1650. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. Indikator makin mengarah ke penguatan, namun belum solid. Untuk saat ini support akan saya pertahankan di 1500 dan resistance di 1790.

Review By Request
AALI
AALI berkonsolidasi ditutup di 22250. Stochastic membuka potensi penguatan. Indikator penguatan mulai terlihat, namun belum solid. Untuk saat ini saya akan mempertahankan resistance 23000 dan support di 21300-21400.

SCMA
SCMA berkonsolidasi ditutup di 2850. Stochastic memasuki area overbought mengindikasikan penguatan. Untuk saat ini saya masih mempertahankan view kemarin, spek buy di area 2700-2725 namun mohon kontrol resiko. Resistance sementara di 3000.



Hari ini IHSG menguat ditutup di 4256 (+0.5%)

Pergerakan IHSG relatif sepi karena minimnya sentimen karena liburnya bursa US. Efek pelemahan rupiah hari ini tidak terlihat. Rupiah sendiri sempat kembali menyentuh ke level 11800 sekian. Kalau rupiah bisa stabil di bawah 12000, bisa jadi IHSG tinggal menunggu momentum penguatan.

Dari sisi saham blue chips, ada beberapa saham yang stochastic di area oversoldnya yang mulai memberi signal penguatan. Seperti di perbankan, properti, dan konstruksi. Senin ini ada rilis data current defisit, dan rumor yang beredar datanya akan cukup bagus. Sejauh ini menurut saya sentimen sentimen negatif sudah hampir semua keluar di pasar, jadi seharusnya reaksi pasar sudah lebih tenang. Bargain hunting pada saham saham yang tertekan cukup dalam menurut saya sudah bisa dilakukan, namun saya tetap mengingatkan perlunya kontrol resiko bila time frame anda jangka pendek. Bila anda tipe investor, penurunan di sektor properti cukup menarik sebagai momentum untuk diakumulasi.

Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan.


Semoga berkenan.
Donny


Tidak ada komentar:

Posting Komentar