Kamis, 28 November 2013

Review Market 28 November 2013

Dear Client,

IHSG dibuka menguat menyentuh level 4274, lalu kembali melemah ditutup di 4233. Stochastic di area oversold mengindikasikan pelemahan. Indikator saat ini masih condong ke arah pelemahan. Jadi sepertinya masih berat bagi IHSG untuk menguat. Untuk sementara support akan saya pertahankan di 4200 dan resistance 4270-4280.


REVIEW SAHAM

ADHI
ADHI melemah ditutup di 1580. Stochastic di area oversold mengindikasikan pelemahan. ADHI menembus support 1620 dan berpotensi melanjutkan pelemahannya ke area 1500. Belum ada indikasi yang bagus, jadi saya condong menunggu konfirmasi lebih lanjut.

ADRO
ADRO dibuka melemah menyentuh level 1090, lalu menguat ditutup di 1120. Stochastic mengindikasikan pelemahan. ADRO menembus support 1130-1140. Penembusan support ini berpotensi membawa ADRO melemah menuju ke area 1000. Saat ini SOS dapat dipertimbangkan.

AKRA
AKRA menguat ditutup di 4725. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Indikasi saat ini mix. Untuk sementara support akan saya pertahankan di 4400 dan resistance di 4850.

ASII
ASII berkonsolidasi ditutup di 6300. Stochastic memasuki area oversold mengindikasikan pelemahan. Sejauh ini support ASII masih bertahan. Indikasi pelemahan saat ini makin solid dengan posisi grafik di bawah ma5, ma20, dan ma50, ditambah posisi ma5
ASRI
ASRI dibuka menguat menyentuh ke area 490, lalu melemah ditutup di 470. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. Indikator makin mengarah ke penguatan. Selama level 470 bertahan, ASRI berpotensi mempertahankan momentum penguatannya. Jadi spek buy saat ini masih bisa dipertimbangkan. Support sementara akan saya pertahankan di 460-465. Mohon kontrol resiko.

BBRI
BBRI berkonsolidasi ditutup di 7250. Stochastic memasuki area oversold mengindikasikan pelemahan. BBRI menguji support 7200-7250. Sejauh ini belum ada tanda tanda pembalikan arah, jadi saya akan menunggu konfirmasi signal lebih lanjut.

BBCA
BBCA berkonsolidasi ditutup di 9750. Stochastic mengindikasikan pelemahan. BBCA masih berpotensi melanjutkan pelemahannya ke area support 9350-9400. Saat ini saya condong menunggu konfirmasi lebih lanjut sebelum memberikan rekomendasi.

BBNI
BBNI berkonsolidasi ditutup di 4125. Stochastic di area oversold mengindikasikan pelemahan. BBNI masih dalam jalur pelemahannya ke area 4000-4100. Untuk saat ini saya masih menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

BMRI
BMRI berkonsolidasi ditutup di 7500. Stochastic membuka potensi pelemahan. Indikator mulai mengarah ke pelemahan. Untuk sementara resistance di 8050 dan support di 7000-7050.

CPIN
CPIN berkonsolidasi ditutup di 3525. Stochastic memasuki area oversold mengindikasikan pelemahan. CPIN menembus support 3575-3600. Penembusan support ini berpotensi membawa CPIN melemah ke area 3300-3325.

ERAA
ERAA berkonsolidasi ditutup di 1020. Stochastic di area oversold signalnya kurang jelas. ERAA menguji support 1000, dan sejauh ini mampu bertahan. Indikasinya sendiri kurang meyakinkan, jadi saya condong menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

GGRM
GGRM berkonsolidasi ditutup di 36450. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Indikator saat ini masih condong ke arah pelemahan. Untuk saat ini support masih akan saya pertahankan di area 35500-35600. Bila ada yang ingin entry posisi mohon kontrol resiko. 

HRUM
HRUM melemah ditutup di 3350. Stochastic mengindikasikan pelemahan. HRUM menembus support 3400 dan berpotensi melanjutkan pelemahannya ke area 3150. Saat ini SOS bisa dipertimbangkan di saham ini dengan resistance 3400.

ICBP
ICBP melemah ditutup di 9900. Stochastic membuka potensi pelemahan. ICBP menembus support 10000 dan berpotensi melanjutkan pelemahannya ke area 9500-9550. Untuk saat ini saya condong menunggu konfirmasi lebih lanjut sebelum memberikan rekomendasi.

INDF
INDF berkonsolidasi ditutup di 6650. Stochastic mengindikasikan penguatan. Indikator lebih mendukung ke penguatan, jadi bila INDF menembus resistance 6700-6750 bisa pertimbangkan untuk buy dengan target penguatan 7300-7400. Mohon terapkan kontrol resiko.

INTP
INTP berkonsolidasi ditutup di 18950. Stochastic mengindikasikan penguatan. Indikasi mengarah ke penguatan. BIla INTP melanjutkan penguatannya, INTP akan menguji resistance 19500. Saat ini spek buy bisa dipertimbangkan. Support sementara di 18500, untuk aggressive buy bisa gunakan level 18700. Mohon kontrol resiko.

JSMR
JSMR melemah ditutup di 4975. Stochastic mengindikasikan penguatan. JSMR mulai melanjutkan pelemahannya. Untuk saat ini support masih akan saya pertahankan di 4600.

KLBF
KLBF berkonsolidasi ditutup di 1220. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. KLBF menguji support 1200. Secara overall indikasinya kurang meyakinkan, jadi mohon berhati hati bila support 1200 ditembus.

MAIN
MAIN melemah ditutup di 3275. Stochastic di area overbought membuka potensi pelemahan. MAIN mengalami profit taking. Untuk saat ini level 3150 akan menjadi support terdekat. Resistance masih akan saya pertahankan di 3500.

MAPI
MAPI berkonsolidasi ditutup di 4850. Stochastic di area oversold mengindikasikan penguatan. Indikasi penguatan perlahan lahan terbentuk, namun belum solid. Saat ini support terdekat masih di area 4700-4725, bagi yang ingin entry mohon terapkan kontrol resiko.

PGAS
PGAS menguat ditutup di 4825. Stochastic membuka potensi penguatan. Untuk saat ini saya masih melihat penguatan PGAS sebagai teknikal rebound. Resistance sementara di 4800-4850. Support akan saya pertahankan di 4350-4400.

PTBA
PTBA berkonsolidasi ditutup di 11800. Stochastic membuka potensi pelemahan. Indikasi saat ini mix. Untuk saat ini saya akan mempertahankan support 11300-11400. Untuk aggressive buy bisa gunakan level 11800-11900 dengan target penguatan 12700-12800. Mohon terapkan kontrol resiko.

PTPP
PTPP melemah ditutup di 1120. Stochastic memasuki area oversold mengindikasikan pelemahan. Sejauh ini indikasi masih condong ke pelemahan, meskipun indikasinya tidak terlalu kuat. Untuk sementara saya akan mempertahankan support 1100 dan resistance 1170.

SMGR
SMGR berkonsolidasi ditutup di 12850. Stochastic mengindikasikan penguatan. Sejauh ini indikasi penguatan masih terlihat. Apa bila SMGR menguat, level 13500 akan menjadi target penguatan pertama. Support 12600 akan saya pertahankan.

UNTR
UNTR melemah ditutup di 18350. Stochastic mengindikasikan pelemahan. UNTR menembus support 19000 dan saat ini berpotensi menguji support tren naiknya di kisaran 18100-18200. Gap dengan ma5 sangat lebar, jadi bisa dipantau untuk potensi teknikal rebound.

UNVR
UNVR berkonsolidasi ditutup di 26650. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. Untuk saat ini saya masih mempertahankan level 27700 sebagai target penguatan sementara. Support akan saya pertahankan di 25500.

WIKA
WIKA melemah ditutup di 1610. Stochastic di area oversold mengindikasikan pelemahan. Apa bila WIKA melanjutkan pelemahannya, WIKA akan menguji ke level 1500. Untuk saat ini saya condong menunggu konfirmasi signal lebih lanjut.

Review By Request
AALI
AALI menguat ditutup di 22150. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Indikator masih mengarah ke pelemahan, namun melihat pergerakan AALI 2 hari ini, ada potensi AALI akan kembali menguji resistance 23000. Saat ini support akan saya revisi ke 21300-21400.

SCMA
SCMA berkonsolidasi ditutup di 2850. Stochastic mengindikasikan penguatan. Untuk saat ini saya masih mempertahankan view kemarin, spek buy di area 2700-2725 namun mohon kontrol resiko. Resistance sementara di 3000.



Hari ini IHSG melemah ditutup di 4233 (-0.4%)

Pergerakan IHSG hari ini masih cukup fluktuatif. Indikasi sendiri masih condong ke negatif, tapi IHSG makin mendekati support kuat 4200. Nilai tukar rupiah yang tembus 12000 sedikit banyak mempengaruhi psikologi para pelaku pasar. Kalau menurut saya pribadi, pelemahan nilai tukar rupiah ke 12000 seharusnya sudah diprediksi oleh banyak pihak. Jadi bila hanya berhenti di 12000, seharusnya tidak akan menjadi masalah. Jadi mari kita lihat besok apakah rupiah mampu bertahan di bawah 12000, atau malah terus melemah.

Dari sisi saham blue chips yang saya pantau, hanya segelintir yang masih ada indikasi penguatan, itu pun belum solid. Saham saham yang saya pantau seperti ASRI, INDF, dan AALI. Namun seperti yang barusan saya bilang, indikasi penguatannya belum bisa dibilang solid. Market masih penuh sentimen negatif, namun IHSG mendekati support kuat 4200, mari kita pantau apakah support ini mampu bertahan atau tidak.

Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan.


Semoga berkenan.
Donny

PS : Kembali memasuki akhir bulan, jadi saya kembali memposting review secara lengkap, semoga bisa mendapat gambaran seperti apa review yang berlangganan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar