Rabu, 13 Juni 2012

IHSG di Persimpangan Jalan

Seperti waktu itu, saya akan coba tampilkan view dari IHSG dari dua sudut pandang, dari chart weekly yang mewakili mid term dan chart daily yang mewakili jangka pendek.


Dari chart weekly, terlihat pergerakan dari IHSG minggu lalu hanya menutup gap dengan ma5nya. Ditambah penguatannya tertahan resistance Fibo level 50%, dan yang membuat signal negatif adalah penutupannya di bawah Fibo level 38.2%. Secara weekly indikasi IHSG masih negatif. MACD yang masih dalam posisi deathcross menambah sentimen negatif chart weekly.



Dari chart daily, IHSG masih bertahan di atas ma5nya, namun peguatan tertahan ma200nya. Mengingat ma20 makin lama makin mempersempit jarak dengan grafiknya, bisa jadi dalam waktu dekat ini akan terjadi pergerakan untuk menentukan arah dari IHSG. Sentimen positif muncul dari MACD nya, yang meskipun masih di bawah titik nol tapi sudah mulai golden cross. Selain itu, dengan bertahan di atas level 3800, IHSG masih mempertahankan momentum naiknya. Level 3800 didapat dari level Fibo 38.2% dari titik terendah IHSG di 3635 dan titik tertinggi 3909. Saham yang koreksinya tertahan di level Fibo 38.2% biasanya mempunyai kecenderungan naik yang cukup kuat.


Jadi kesimpulannya, saat ini signal dari IHSG masih mix. Dari chart weekly IHSG masih berpotensi melanjutkan penurunannya, tapi dari chart daily ada potensi penurunan berakhir dengan MACDnya yang sudah golden cross. Potensi pembalikan arah baru bisa dikonfirmasi bila IHSG mampu menembus level Fibo 50% nya di 3935. Apa bila ternyata IHSG melemah dan menembus level 3800, mohon mewaspadai potensi IHSG kembali menuju level 3600.

Sementara itu view saya di IHSG, semoga dapat membantu bapak ibu sekalian dalam menentukan sikap.

Regards,
Donny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar