Kamis, 23 Juni 2016

Review Market 23 Juni 2016

Dear Client,


Hari ini IHSG melemah ditutup di 4874 (-0.5%)

Menanti hasil Brexit besok, beberapa pelaku pasar cenderung mengamankan posisinya dengan melakukan penjualan saham. Dan akibatnya IHSG terkoreksi. Dilihat dari koreksinya, sepertinya pelaku pasar yang mengamankan posisinya juga belum terlalu banyak. Sebagian besar lebih memilih untuk menunggu signal lanjutan. Secara teknikal saya masih mempertahankan support 4820 dan resistance 4950. Untuk smentara bisa gunakan kedua level tersebut sebagai panduan transaksi.

Dari saham blue chips yang saya review, menurut saya bisa coba pantau saham ASII dan BBNI. Signal naik di ASII masih bagus, tinggal mengkonfiramsi penembusan resistance. Saham BBNI dalam fase awal pembentukan tren naik. Bisa dipantau. Saham ADHI, WIKA, SMRA, ICBP, dan TLKM masih berada dalam tren naiknya. Kawal dengan Ma20nya. Saham ASRI terkoreksi, namun saya masih melihat koreksinya sebatas koreksi sehat. Bisa pantau support kuatnya untuk potensi entry.

Terkait Brexit. Dari beberapa artikel atau ulasan yang saya baca, ada beberapa poin yang bisa saya sampaikan. Yang pertama, meskipun Brexit terjadi, proses keluarnya Inggris makan waktu dua tahun. Jadi tidak serta merta Inggris akan keluar dari Euro. Yang kedua, eksport Indonesia ke Eropa juga tidak terlalu besar. Jadi dampak secara langsung juga kurang terlalu besar. Yang ketiga, kita sendiri mempunyai katalis - katalis positif sendiri seperti UU Tax Amnesty, program pembangunan infrastruktur, dan kebijakn - kebijakan lainnya yang mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Yang keempat, efek langsung yang akan dirasakan oleh kita kemungkinan adalah dari sisi nilai tukar rupiah dan harga komoditas. Jadi secara keseluruhan, kalaupun Brexit terjadi, kemungkinan efek penurunannya hanya temporer, dan pasar akan kembali pulih dalam beberapa hari. Ini semua pendapat pribadi saya. Monggo coba dicrosscek lagi denga analis sekuritas masing masing. Jangan semua pendapat saya ditelan mentah mentah ya.


Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga membantu.



Salam
Donny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar