Rabu, 30 April 2014

Review Market 30 April 2014

Dear Client,

REVIEW SAHAM

ADHI ( Closing 2985   +0.3%)
ADHI berkonsolidasi. Stochastic membuka potensi penguatan. Indikasi belum terlalu jelas. Mulai terlihat ada indikasi pembalikan arah, namun belum terlihat solid. Untuk sementara saya akan mempertahankan target pelemahan 2740-2750. Untuk sementara saya condong menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi. Bagi yang sudah entry tetap terapkan kontrol resiko.

ADRO (Closing 1185   +5.3%)
ADRO menguat menguji resistance 1200, lalu ditutup di 1185. Stochastic di area overbought signalnya kurang jelas. Target penguatan tercapai. Indikasi penguatan masih terlihat bagus, namun saya melihat ada potensi profit taking. Spek buy menurut saya masih bisa dilakukan. Support sementara di kisaran 1120. Untuk aggressive buy bisa gunakan level 1160.

ANTM (Closing 1175   -2.1%)
ANTM melemah. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Saat ini ada potensi ANTM melemah menguji support 1140-1160. Secara overall saya masih melihat adanya indikasi penguatan di saham ini, jadi bila support ini bertahan bisa pertimbangkan untuk buy. Resistance sementara di 1280.

ASII (Closing 7425   -0.7%)
ASII menguji support 7300-7350. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Sejauh ini suppot mampu bertahan. Tekanan jual masih terlihat kuat, jadi masih ada potensi support ini kembali diuji. Saya masih melihat support ini sebagai support yang relatif kuat, jadi bisa pertimbangkan untuk entry. Tetap terapkan kontrol resiko.

ASRI (Closing 530   -0.9%)
ASRI berkonsolidasi. Stochastic sendiri di area oversold membuka potensi pelemahan. Indikator saat ini kurang jelas. Selama belum ada signal baru, saya akan mempertahankan support 520 dan resistance 565. Bagi yang ingin entry tetap kontrol resiko.

BBRI (Closing 9900   +1.3%)
BBRI dibuka sempat menguat ke 10000 sebelum akhirnya kembali melemah. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Penutupan BBRI kurang meyakinkan. Belum ada signal beli yang kuat, jadi tetap berhati hati bila BBRI kembali menguji support 9600. Bagi yang mau entry tetap terapkan kontrol resiko.

BBCA (Closing 11000   +0%)
Belum ada indikasi baru di saham ini. Stochastic membuka potensi penguatan. Untuk saat ini support akan saya pertahankan di 10500. Spek buy bisa dipertimbangkan.

BBNI (Closing 4815   -0.4%)
BBNI kembali menguji support 4800, dan sejauh ini support ini mampu bertahan. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Indikator sejauh ini belum bagus. Jadi tetap waspada akan kemungkinan pelemahan berlanjut. Bila BBNI menembus support 4800, terdapat support Fibo pertama di 4700 dan Fibo kedua di 4500. Saya condong meyarankan untuk jual dulu bila support 4800 ditembus.

BMRI (Closing 9825   +0.3%)
BMRI berkonsolidasi. Stochastic membuka potensi penguatan. Belum ada indikasi yang solid. Jadi saat ini saya akan mempertahankan view pelemahan ke area support ma50 di 9550. Jadi saya condong menunggu konfirmasi signal lebih lanjut.

CPIN (Closing 3770   -1.4%)
CPIN terus melemah dan menembus support 3800. Stochastic di area oversold mengindikasikan pelemahan. Penembusan support 3800 berpotensi membawa CPIN melemah ke area Fibo 150% di 3575 atau Fibo 161.8% di 3500. Saat ini saya condong menyarankan untuk SOS.

GGRM (Closing 56500   +1.3%)
GGRM dibuka sempat menguat ke area 57125 sebelum akhirnya kembali melemah. Stochastic di area overbought membuka potensi pelemahan. Tinggal 1% lagi menguji resistance, namun saham ini keburu melemah. Secara overall saya masih melihat saham ini bisa terkena profit taking, jadi saya condong menyarankan SOS dulu. Resistance akan saya pertahankan di 57500-57800 dan support di 53000.

ICBP (Closing 10000   +0%)
Belum ada view baru. Kemungkinan ICBP masih dalam fase akumulasi. Saat ini ICBP bergerak di kisaran 9900-10200. Bagi yang mau entry saat ini lebih ke hold, jadi bila anda trader, saran saya lebih baik menunggu adanya tanda tanda penembusan range trading tersebut.

INDF (Closing 7050   +0.4%)
INDF dibuka sempat menguji resistance 7200 sebelum akhirnya kembali melemah. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Sejauh ini tekanan masih condong ke bawah, namun selama support 6900-6950 bertahan, masih ada potensi saham ini untuk menguat. Spek buy tetap bisa dipertimbangkan, tapi tetap terapkan kontrol resiko.

INTP (Closing 21950   +0.3%)
INTP berkonsolidasi. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. Mulai muncul indikasi pembalikan arah, namun sepertinya belum solid. Tekanan jual saat ini mereda. Jadi untuk saat ini bisa dipantau support 21700. Bila terlihat kuat bertahan bisa pertimbangkan untuk buy. Lebih baik pembelian dicicil karena saat ini indikasinya kurang bagus.

ITMG (Closing  25475   +2.4%)
Dengan dibantu sentimen positif dari ADRO, sahan ini ikut menguat. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Dari indikasi sementara, masih terlihat ada potensi penguatan di saham ini. Saat ini bisa dipantau level 26500-26600 sebagai target penguatan sementara dari ITMG. Support sementara di area 24500. Untuk aggressive buy bisa pantau area 25000.

JSMR (Closing 5900   +0.9%)
JSMR dibuka sempat menguat ke area 6025 sebelum akhirnya kembali turun. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Indikator masih condong ke pelemahan. Pergerakan hari ini juga tidak terlalu bagus. Jadi untuk sementara saya akan mempertahankan potensi pelemahan ke 5500. Saya cenderung menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

KLBF (Closing 1545   +1.3%)
KLBF menguat. Stochastic di area overbought mengindikasikan pelemahan. Saya masih melihat saham ini cenderung menguat. Untuk saat ini tetap perhatikan level level bolinger atas di 1560 sebagai resistance, ma20 di 1520 dan ma50 di 1470 sebagai support. Spek buy tetap saya rekomendasikan.

MAIN (Closing 2990   +0.5%)
MAIN berkonsolidasi. Stochastic di area oversold mengindikasikan pelemahan. Sejauh ini support 2950 masih bertahan. Indikator secara overall masih kurang bagus, namun stochastic sendiri sudah lumayan oversold. Bagi yang ingin entry tetap bisa gunakan level 2950, tapi tetap terapkan kontrol resiko. Mohon berhati hati bila support 2950 ditembus karena berpotensi membentuk formasi inverted flag dengan target pelemahan pertama 2700.

PGAS (Closing 5325   +0.5%)
PGAS sudah dua hari ini bergerak di bawah ma20 meskipun saat closing berhasil diangkat di atas ma20. Jadi untuk saat ini saya tidak menggunakan range ma20 dan bolinger atas lagi. Stochastic mengindikasikan pelemahan, tapi penutupannya sendiri cukup bagus. Saat ini support akan saya gunakan ma50 di 5150. Untuk saat ini saya condong menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

PTPP (Closing 1845   +0.8%)
PTPP kembali menguat. Indikator masih cukup bagus, namun pergerakannya sendiri hari ini meragukan. Saat ini saya cenderung konservatif dan menunggu arah yang jelas. Support sementara di area 1700 dan resistance di 1950.

SMGR (Closing 14850   -0.8%)
SMGR kembali melemah dan menembus support 14950. Stochastic di area oversold mengindikasikan pelemahan. SMGR menembus support, jadi ada potensi SMGR akan melanjutkan pelemahannya ke area 14250-14400. Support ini merupakan support Fibo ketiga dari SMGR, jadi seharusnya relatif kuat. Selain itu kondisi SMGR yang sudah oversold membuat rekomendasi buy cukup menarik.

UNTR (Closing 21700  -0.9%)
UNTR berkonsolidasi. Stochastic membuka potensi penguatan. Sejauh ini belum ada indikasi yang baru. View kemarin masih saya pertahankan. Secara umum saham ini masih dalam tren naiknya, tapi range pergerakannya memang cukup lebar. Saat ini support saya pertahankan di 21000. Spek buy dapat dipertimbangkan, tetap terapkan kontrol resiko.

UNVR (Closing 29250   +0.9%)
UNVR melanjutkan penguatannya. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. Teknikal rebound UNVR terlihat lemah. Saya masih ragu akan potensi penguatan berlanjut. Saat ini resistance di 30000 dan support di 28200. Saya condong menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi.

WIKA (Closing 2265   -1.3%)
WIKA melemah. Stochastic membuka potensi pelemahan. WIKA perlahan lahan melemah, namun dari indikator masih cukup menunjang penguatan. Untuk saat ini saya masih akan mempertahankan view BOW kemarin, dengan support 2050 dan aggressive buy 2250-2260. Tetap terapkan kontrol resiko.


Review By Request
SIMP ( Closing 1000   -1.5%)
SIMP melemah, namun pelemahannya belum seberapa. Stochastic di area overbought membuka potensi pelemahan. Masih ada potensi bagi SIMP untuk menguji resistance 1050-1060. Namun saya lebih condong menyarankan SOS mengingat stochastic sudah lumayan overbought. Support sementara di area 970.

WSKT (Closing 745   -0.7%)
WSKT berkonsolidasi. Stochastic membuka potensi pelemahan. View kemarin belum berubah. WSKT beberapa minggu ini terlihat berusaha untuk bertahan di atas ma50nya. Jadi saat ini bisa pantau area support ma50nya di 725. Selama support ini bertahan, tren penguatan akan terjaga. Resistance sementara di 810-815



Hari ini IHSG menguat ditutup di 4840 (+0.4%)

Penguatan IHSG merupakan berkah tersendiri, meskipun secara grafik penguatannya belum cukup untuk menghilangkan sentimen negatif. Jadi mengingat secara overall indikasi belum bagus, saya akan mempertahankan view pelemahan ke area 4750.

Dari saham blue chips yang saya review, saham saham batu bara masih terlihat bagus. Jadi masih bisa dipantau untuk potensi spek buy atau BOW. ANTM mulai terkoreksi, namun secara umum support masih bertahan, jadi masih bisa dipantau. Saham perbankan dan konstruksi sepertinya belum ada arah yang benar benar solid, jadi lebih baik menunggu konfirmasi arah terlebih dahulu. Salah satu anggota member saya mengingatkan akan kinerja sektor properti yang rata rata di kuartal 1 kurang bagus, jadi bila anda masih memegang saham properti, tidak ada salahnya untuk perlahan lahan mengurangi portofolio. Sisanya bisa dibaca sendiri di atas. Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga membantu.


Salam
Donny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar