Selasa, 25 Februari 2014

Review Market 25 Februari 2014

Dear Client,

Memasuki tanggal 25 akhir bulan, kembali saya posting review saham secara lengkap versi member


REVIEW SAHAM

ADHI ( Closing 2300   +0.4%)
ADHI masih berkonsolidasi. Stochastic di area overbought mengindikasikan penguatan. Sejauh ini masih terlihat adanya potensi penguatan di ADHI. Untuk saat ini saya cenderung melihat ADHI akan menguat ke area 2400. Saat ini ADHI masih berada di atas ma5nya, jadi untuk jangka pendek momentum penguatan masih terjaga. Untuk sementara support akan saya pertahankan di 2200.

ADRO (Closing 940   -3.1%)
ADRO melemah dengan diimbangi peningkatan tekanan jual. Stochastic di area overbought mengindikasikan pelemahan. ADRO sendiri menembus support 950, jadi ada potensi ADRO untuk melanjutkan pelemahannya ke area 880-890. Untuk sementara saya belum akan memberikan rekomendasi buy.

AKRA (Closing 4545   -1%)
AKRA kembali melemah di bawah 4580, berarti resistance ini belum ditembus. Stochastic di area overbought mengindikasikan penguatan. Belum ada indikasi yang jelas, jadi saya condong menunggu konfirmasi signal lebih lanjut. Support sementara di 4400 dan resistance di 4580.

ASII (Closing 6700   -1.1%)
ASII kembali melemah dan menguji support 6500-6600. Stochastic di area overbought mengindikasikan pelemahan. Tekanan jual masih terlihat di saham ini. Namun sedikit terlihat ada tanda tanda perlawanan, meskipun sejauh ini belum meyakinkan. Untuk saat ini support akan saya pertahankan di 6500-6600, bisa dipantau untuk potensi buy. Resistance sementara di 7000.

ASRI (Closing 585   -1.7%)
ASRI kembali melemah. Sejauh ini support 570 masih mampu bertahan. Stochastic di area overbought mengindikasikan penguatan. Mengingat indikasi sepertinya makin kurang bagus, saat ini saya akan mencabut rekomendasi buy saya dan menunggu konfirmasi signal lebih lanjut. Bila pelemahan berlanjut, mohon mewaspadai support ma20 di 550 yang pernah menahan penurunan ASRI. Penembusan level ini akan mengknofirmasi pembentukan formasi double top dengan target pelemahan 500.

BBRI (Closing 9425   -2.3%)
BBRI kembali melemah dan menguji support 9300. Stochastic di area overbought membuka potensi pelemahan. Dari penutupan BBRI hari ini, sepertinya ada potensi support 9300 akan ditembus dan pelemahan berlanjut ke area 9000-9100. Jadi untuk saat ini saya masih menyarankan SOS dulu.

BBCA (Closing 10375   -0.2%)
View saya belum berubah, BBCA masih terus berkonsolidasi dengan support ma20 dan resistance bolinger band. Bagi trader bisa manfaatkan range tersebut untuk trading. Saat ini support ma20 di 10150 dan resistance bolinger di 10550.

BBNI (Closing 4545   -2.4%)
Tekanan cukup kuat melanda BBNI. Di luar perkiraan saya saham ini menembus support 4600. Stochastic di area overbought membuka potensi pelemahan. Dilihat dari tekanan jual hari ini, sepertinya masih ada potensi bagi BBNI untuk kembali tertekan dan menguji support 4360-4400. Jadi bagi yang masih punya posisi di saham ini mohon berhati hati.

BMRI (Closing 9050   -3.7%)
Pelemahan yang luar biasa. Stochastic di area overbought mengindikasikan pelemahan. Tekanan jual bari terjadi di hari pertama, jadi ada potensi pelemahan bisa berlanjut. Bila pelemahan berlanjut, level 8700 bisa dipantau untuk potensi entry.

CPIN (Closing 4185   +0.4%)
Penguatan CPIN tertahan resistance 4225-4250. Stochastic memasuki area overbought mengindikasikan penguatan. Sejauh ini saya melihat belum ada tanda tanda yang berbahaya bagi CPIN. Masih ada potensi resistance 4225-4250 untuk kembali diuji. Mengingat kondisinya sudah overbought, tetap waspadai potensi pembalikan arah sewaktu waktu. Support sementara di 4000.

GGRM (Closing 47000   -1.8%)
GGRM terlihat berusaha mempertahankan momentum penguatannya dengan menguat dan bahkan menembus level 48000. Namun tidak mampu bertahan dan terkoreksi. Menurut saya saat ini indikasi pelemahan lebih kuat. Stochastic di area overbought mengindikasikan pelemahan. Jadi ada potensi pelemahan akan berlanjut. Untuk sementara support akan saya gunakan di 44000. Saat ini belum ada rekomendasi buy di saham ini.

ICBP (Closing 11250   +0.4%)
ICBP berkonsolidasi. Stochastic masih mengindikasikan penguatan. Secara overall indikasi masih lebih mengarah ke penguatan. Jadi saya condong mempertahankan view kemarin, spek buy dengan aggressive buy 11000 dengan target 11700.

INDF (Closing 6975   0%)
View saham ini masih belum jelas. Stochastic mengindikasikan penguatan, namun INDF masih saja berkonsolidasi. Bagi yang sudah entry tetap terapkan kontrol resiko. Saat ini saya gunakan ma50 di 6800 sebagai support dan bolinger atas di 7150 sebagai resistance.

INTP (Closing 21900   -1.6%)
INTP menembus support 22300. Penembusan support ini berpotensi membawa INTP melemah ke area 21000. Stochastic di area overbought mengindikasikan pelemahan. Saat ini saya condong menyarankan untuk SOS dulu.

JSMR (Closing 5425   -0.5%)
Belum ada indikasi yang jelas. Stochastic di area overbought membuka potensi penguatan. Selama resistance 5500 belum ditembus, saya masih meragukan penguatan JSMR. Jadi bila ada tanda tanda level 5500 sulit ditembus bisa pertimbangkan untuk jualan dulu. Support sementara di 5200.

KLBF (Closing 1435   -1.7%)
Dua hari KLBF melemah tanpa disertai tekanan jual yang kuat. Stochastic di area overbought mengindikasikan pelemahan. Tekanan jual tidak besar, namun KLBF menembus support 1350. Jadi untuk saat ini terbuka potensi KLBF menguji area 1390. Level ini beberapa kali menahan penurunan KLBF, jadi bisa dipantau apakah sejarah akan berulang.

LPCK (Closing 7250   -0.7%)
LPCK masih berusaha untuk menguat, namun masih sulit menembus resistance 7400. Stochastic di area overbought mengindikasikan penguatan. Pergerakan LPCK selama 3 hari ini cukup meragukan. Ada kemungkinan LPCK gagal menguat dan terkoreksi. Saat ini support terdekat di 7000. Untuk saat ini saya condong menunggu konfirmasi signal lebih lanjut sebelum memberikan rekomendasi.

MAIN (Closing 3545   -1%)
MAIN melemah tipis. Indikator masih mengarah ke penguatan, namun terlihat kurang solid. Untuk saat ini area 3000-3650 masih menjadi area konsolidasi MAIN, jadi bisa dipantau apakah level 3650 berhasil ditembus atau tidak. Support sementara di 3450-3475.

PGAS (Closing 4950   -1%)
PGAS melanjutkan pelemahannya. Stochastic mengindikasikan pelemahan. PGAS masih berpotensi melanjutkan pelemahannya ke area 4800. Tekanan jual terlihat meningkat, jadi untuk saat ini rekomendasi buy akan saya cabut sambil menunggu perkembangan signal lebih lanjut.

PTBA (Closing 9150   -0.8%)
PTBA menembus support trend naiknya di 9200-9250. Saat ini terdapat support yang cukup kuat di 8800. Stochastic memasuki area oversold mengindikasikan pelemahan. Untuk saat ini saya cenderung menunggu konfirmasi signal lebih lanjut.

PTPP (Closing 1405   +0%)
View kemarin belum berubah. Indikasi belum jelas. Stochastic berpotensi membentuk signal penguatan. Untuk saat ini resistance terdekat di 1450 dan support di 1350. Mohon perhatikan support 1350. Bila level ini ditembus, akan mengkonfirmasi pembentukan formasi head and shoulder dengan potensi pelemahan ke 1220-1230.

SMGR (Closing 14650   -1.7%)
SMGR melemah dan berpotensi menguji support 14500. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Sejauh ini saya ragu support 14500 bisa bertahan. Bila level ini gagal bertahan bisa perhatikan support 14150 yang menurut saya berpotensi menahan pelemahan SMGR.

UNTR (Closing 18475  -0.3%)
UNTR masih berkonsolidasi. Indikator mengindikasikan penguatan. Saya masih mempertahankan view kemarin, dimana saya cukup was was dengan indikator yang terus bergerak naik, tapi UNTR masih tidak bisa naik. Untuk sementara saya condong menunggu konfirmasi signal lebih lanjut. Support sementara di 18000 dan resistance di 19000.

UNVR (Closing 28400   +0.1%)
Belum ada indikasi yang jelas dari pergerakan saham maupun dari indikator. Untuk saat ini saya cenderung menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi. Support akan saya pertahankan di 27000-27100 dan resistance di 28500.

WIKA (Closing 2075   +3.5%)
WIKA menembus level 2010. Penembusan level ini berpotensi membawa WIKA menguat ke area 2130-2140. Stochastic membuka potensi penguatan. Mengingat rata rata saham blue chips mulai membentuk signal pelemahan, saya ragu saham ini bisa terus mempertahankan momentum penguatan. Jadi bila level 2130-2140 terlihat sulit ditembus bisa pertimbangkan untuk jualan dulu.


Hari ini IHSG melemah ditutup di 4577 (-1%)

Profit taking berlanjut di IHSG. Melihat kecenderungan pergerakan IHSG, saya masih melihat ada potensi IHSG akan kembali melemah. Saat ini support di kisaran 4515-4530.

Dari saham saham blue chips yang saya review, banyak yang memunculkan signal pelemahan. Hanya saham MAIN, ICBP, dan CPIN yang indikatornya masih cukup bagus. Sisanya rata rata mengindikasikan pelemahan. Dan dari grafiknya, rata rata masih menyimpan ruang pelemahan. Pelemahan tentunya akan membuka peluang bagi anda yang sudah bersih bersih untuk kembali melakukan pembelian. Jadi tetap perhatikan support dari masing masing saham, tetap disiplin dalam melakukan pembelian.

Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan.


Semoga berkenan.
Donny

PS : Belakangan ini saya bakal disibukkan oleh urusan keluarga, jadi mohon maaf bagi yang bertanya tanya bila saya cenderung lama atau bahkan tidak bisa merespon pertanyaan rekan rekan. Mohon pengertiannya.R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar