Rabu, 18 Desember 2013

Review Market 18 Desember 2013

Dear Client,


Hari ini IHSG menguat ditutup di 4196 (+0.3%)

Dilihat dari pergerakan hari ini, terlihat pasar condong menunggu keputusan the Fed malam ini. Banyak kabar yang beredar di pasar, bila tapering ditunda, akan mampu memberikan sentimen positif di IHSG. Tapi seberapa besar efek positif yang ditimbulkan, itu yang masih belum bisa kita perkirakan. Di sisi lain, bila tapering jadi dilakukan, akan menambah sentimen negatif yang beredar di market. Namun kembali lagi, dari sejak isu tapering muncul di bulan Mei asing sudah terus menerus keluar dari IHSG, jadi menurut saya meskipun tapering dilakukan, efeknya sudah tidak terlalu besar lagi. Sejauh ini konsensus analis condong menyatakan tapering akan ditunda.

Base on chart only, IHSG masih berada dalam channel tren turunnya dengan support di 4090-4100 dan resistance di 4230-4240. Jadi saat ini saya masih akan berpatokan pada trend channel itu. Dari sisi saham blue chips, mulai terlihat adanya indikasi window dressing di saham semen, yaitu INTP dan SMGR. Jadi bisa jadi aksi window dressing akan terjadi di saham saham lainnya. Biasanya yang juga menjadi salah satu favorit adalah saham consumer seperti INDF, ICBP, dan UNVR. Jadi bisa pantau saham saham itu juga untuk potensi window dressing. Untuk saat ini mari kita menunggu hasil rapat the Fed malam ini, dan mari kita lihat bagaimana respon pasar besok.

Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan.


Semoga berkenan.
Donny

Bagi yang ingin berlangganan review selanjutnya, bisa melakukan transfer dana 50rb per bulan ke rekening yang tertulis di blog sebelah kanan saya dan daftarkan email anda. Review akan dikirim tiap hari setelah closing market.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar