Kamis, 27 Maret 2014

Review Market 27 Maret 2014

Dear Client,

Memasuki akhir bulan, kembali saya tampilkan review secara lengkap yang saya kirimkan khusus untuk member. Mengenai tata cara menjadi member bisa dibaca di bagian kanan blog saya.

REVIEW SAHAM

ADHI ( Closing 3010   -0.5%)
ADHI berkonsolidasi. Stochastic mengindikasikan penguatan. ADHI terlihat berusaha untuk menguat, namun tidak mampu bertahan. Posisi grafiknya sendiri masih di atas ma5, tapi indikasinya tidak jelas. Saat ini resistance masih akan saya pertaankan di 3100 dan support di 2940.

ADRO (Closing 970   -0.5%)
ADRO berkonsolidasi. Stochastic signalnya kurang jelas. Masih belum ada arah yang jelas dari pergerakan ADRO. Untuk saat ini support akan saya pertahankan di 950 dan resistance di 1030.

AKRA (Closing 4825   -0.2%)
AKRA berkonsolidasi dan belum ada arah yang jelas. Stochastic membuka potensi penguatan. Selama bertahan di atas level 4780-4800 masih ada potensi penguatan di saham ini. Spek buy bisa dipertimbangkan, namun tetap terapkan kontrol resiko. Resistance sementara di 5000.

ASII (Closing 7250   -0.7%)
ASII masih berkonsolidasi. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Indikasi di saham ini belum jelas. Saat ini posisi ASII ditutup di bawah ma5 dan ma20, dan saat ini ma5 hampir death cross ma20. Signal tidak terlalu mendukung bagi ASII. Untuk saat ini support akan saya pertahankan di 7175-7250 dan resistance di 7500-7550. Bagi yang sudah ada posisi tetap terapkan kontrol resiko.

ASRI (Closing 620   0%)
ASRI berusaha mempertahankan tren penguatannya dengan berada di atas ma20. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Perlahan lahan ma5 bergeser dan hampir death cross ma20. Saat ini saya ragu dengan kemampuan ASRI untuk bertahan. Bila ternyata ASRI kembali melemah, support terdekat berikutnya ada di area 570.

BBRI (Closing 9450   0%)
BBRI berkonsolidasi. Stochastic membuka potensi penguatan. BBRI mencoba bertahan di atas ma5 dan ma20nya. Masih ada potensi penguatan di saham ini, tapi tidak didukung oleh indikator yang solid. Saat ini saya masih akan mempertahankan rekomendasi buy dengan aggressive entry 9450. Resistance sementara di 9850-9900. Tetap terapkan kontrol resiko.

BBCA (Closing 10350   -0.2%)
BBCA dibuka sempat menguat ke area 10600 sebelum akhirnya ditutup melemah. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. Penutupan BBCA menurut saya cukup dipaksakan. Sepanjang hari penguatan BBCA terlihat cukup solid. Saat ini saya masih melihat support ma50 di 10300 sebagai support yang kuat, jadi spek buy tetap akan saya rekomendasikan. Resistance sementara di 10950.

BBNI (Closing 4900   +1%)
BBNI berusaha untuk terus menguat. Stochastic membuka potensi penguatan. Masih terlihat adanya potensi penguatan di saham ini. Saat ini level 5200 akan menjadi target penguatan sementara BBNI. Spek buy bisa dipertimbangkan di saham ini. Support sementara di 4850.

BMRI (Closing 9400   -1.8%)
BMRI kembali ditutup di bawah ma20nya. Stochastic membuka potensi pelemahan. Selama tiga bulan ini BMRI berkali kali menembus ma20, namun tidak lama akan kembali rebound. Jadi masih ada potensi pola akan berulang. Besok akan menjadi titik penentuan BMRI apakah melanjutkan pola yang lama atau malah akan kembali melemah. Support sementara akan saya pertahankan di 9400.

CPIN (Closing 3995   -2.3%)
CPIN melemah dan menembus support 4060. Stochastic memasuki area oversold mengindikasikan pelemahan. Pelemahan CPIN disertai dengan aksi jual yang cukup kuat. Saat ini saya melihat support 3650-3725 yang berpotensi menahan penurunan CPIN. Jadi saat ini saya condong menyarankan SOS di saham ini.

GGRM (Closing 49150   +3.5%)
GGRM menguat dan ditutup tepat di resistance. Stochastic mengindikasikan penguatan. Di dalam market yang cenderung berkonsolidasi, biasanya bolinger dapat menjadi area support dan resistance yang akurat. Saat ini GGRM ditutup tepat di resistance bolinger atasnya, jadi bila ada tanda tanda resistance ini gagal ditembus bisa pertimbangkan untuk jualan dulu. Support sementara di 47300.

ICBP (Closing 10150   +1%)
ICBP mencoba untuk menguat. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. Masih terbuka potensi saham ini untuk menguat dengan target penguatan 10450-10500. Spek buy masih bisa dipertimbangkan, namun tetap terapkan kontrol resiko. Support sementara di 9950-10000.

INDF (Closing 7250   +2.5%)
INDF kembali menguat. Stochastic membuka potensi penguatan. Saya masih melihat adanya potensi penguatan berlanjut dengan target sementara 7450. Support sementara di 6900-6950. Spek buy masih bisa dipertimbangkan dengan level aggressive entry 7150. Tetap terapkan kontrol resiko. .

INTP (Closing 23800   -1.7%)
INTP melemah. Stochastic membuka potensi pelemahan. Secara overall saham ini masih dalam tren naiknya, tapi untuk support saya masih akan konservatif dengan menggunakan ma50nya di 22300-22500. Resistance sementara di 25000.

JSMR (Closing 5925   +3.5%)
JSMR dalam jalur penguatannya menuju resistance 6000. Stochastic membuka potensi penguatan. Saat ini support akan saya pertahankan di 5600-5650. Market saat ini condong berkonsolidasi, jadi bila resistance ini terlihat sulit ditembus bisa pertimbangkan untuk jualan dulu.

KLBF (Closing 1475   +0.7%)
Indikasi penguatan cukup bagus di saham ini. Namun sering kali saham ini cuma bergerak di area 1390-1500. Jadi selama belum ada pembentukan range harga baru saya akan mempertahankan rekomendasi trading dengan range 1390-1500.

MAIN (Closing 3465   -0.4%)
MAIN melemah. Stochastic mengindikasikan penguatan. Melihat tekanan pada saham pakan ternak lainnya, saya cukup was was dengan saham ini. Saat ini ada potensi saham ini mengikuti pelemahan saham pakan ternak lainnya dan menguji support 3300. Support ini sendiri seharusnya cukup kuat. Jadi bila ada tanda tanda support ini bertahan bisa pertimbangkan untuk buy. Resistance sementara di 3650.

PGAS (Closing 5125   +2%)
PGAS melanjtukan penguatannya. Stochastic membuka potensi penguatan. PGAS masih dalam jalur penguatannya menuju ke area 5275. Saya masih melihat adanya kecenderungan saham untuk bergerak konsolidasi, jadi resistance bolinger atas di 5275 dapat dimanfaatkan untuk jualan dulu. Support sementara akan saya pertahankan di 4750.

PTPP (Closing 1825   +0.8%)
PTPP berusaha untuk terus menguat. Stochastic di area overbought mengindikasikan penguatan. Saya masih melihat ada indikasi penguatan, tapi sepertinya PTPP sudah kepayahan untuk terus menguat. Support terdekat di 1750-1760. Resistance sementara di 1860.

SMGR (Closing 15700   0%)
SMGR mencoba menguat, namun belum disertai volume yang kuat sehingga kembali melemah. Stochatic membuka potensi penguatan. Saat ini belum ada indikasi yang benar benar kuat di saham ini. Jadi SMGR cenderung bergerak konsolidasi. Support akan saya pertahankan di ma20nya di 15250-15300 dan resistance di 16200-16300.

UNTR (Closing 20100  0%)
UNTR dibuka menguat menuju ke 20800, namun gagal bertahan dan kembali terkoreksi. Stochastic membuka potensi pelemahan. Tiga hari sudah UNTR berusaha menguji resistance 21200 namun selalu gagal. Pergerakan hari ini mulai memunculkan signal negatif jadi untuk saat ini saya akan menggunakan support konservatif di area 18800.

UNVR (Closing 28700   -0.1%)
UNVR berkonsolidasi. Stochastic mengindikasikan penguatan. Setelah menguat dengan meyakinkan, saham ini berkonsolidasi. Secara overall saya masih melihat ada potensi penguatan di saham ini. Resistance masih akan saya pertahankan di 30000, dan support di area 28300-28400.

WIKA (Closing 2395   -0.4%)
WIKA berkonsolidasi. Stochastic membuka potensi penguatan. WIKA masih berkonsolidasi tanpa ada arah yang benar benar kuat. Secara overall saham ini masih dalam tren naik dengan ma20 di 2310-2320 sebagai support dan resistance di 2500-2550.


Review by Request
AISA (Closing 2040   +2%)
AISA masih berusaha menembus formasi wedgesnya. Stochastic membuka potensi penguatan. Untuk saat ini saya masih mempertahankan view kemarin. AISA masih berada dalam formasi wedge. Jadi untuk saat ini saya akan mempertahankan support di 1970 dan resistance di 2050. Jadi bisa pantau area tersebut untuk potensi trading.

TLKM (Closing 2175   -1.6%)
TLKM menguat dan menguji resistance ma20, namun kembali gagal menembus dan terkoreksi. Stochastic membuka potensi pelemahan. Saat ini ma20 terus menahan penguatan TLKM, jadi mohon berhati hati bila TLKM mendekati area ini. Support sementara masih akan saya pertahankan di 2150.


Hari ini IHSG melemah ditutup di 4723 (-0.11%)

IHSG masih berkonsolidasi tanpa ada arah yang jelas. Secara overall IHSG masih berada dalam tren naiknya dengan support ma20 di 4700.

Hari ini tidak banyak pergerakan di saham saham blue chips. Dari saham yang saya review maupun IHSG hari ini cenderung berkonsolidasi dan bergerak dalam range sempit. Secara teknikal, indikator bolinger bands biasanya cukup akurat digunakan dalam market yang berkonsolidasi. Jadi bagi anda yang sudah punya posisi, bisa pantau posisi bolinger dari saham anda sebagai patokan. Dari saham yang saya review saya masih tertarik dengan saham BBCA, BBNI, INDF, ICBP, dan UNVR. Selain itu saham diluar review yang sempat terpantau adalah ASSA, ROTI, dan INTA.


Semoga berkenan.
Donny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar