Jumat, 28 Februari 2014

Review Market 28 Februari 2014

Dear Client,

REVIEW SAHAM

ADHI ( Closing 2340   -1.3%)
ADHI menguji resistance 2400, lalu terkoreksi. Stochastic di area overbought membuka potensi pelemahan. Resistance 2400 menahan penguatan ADHI. Saat ini ADHI masih bertahan di atas ma 5 nya. Namun saham ini masih rawan koreksi. Bila ma5 ditembus, ada baiknya posisi untung dilepas dulu. Resistance akan saya pertahankan di 2400 dan support di 2150-2160.

ADRO (Closing 995   +4.7%)
Secara mengejutkan saham ini menguat. Stochastic membuka potensi penguatan, namun selama resistance 1000 belum ditembus, saya masih mempertahankan trading range 880-1000. Untuk saat ini saham ini cenderung berkonsolidasi, jadi bisa manfaatkan area tersebut untuk trading.

AKRA (Closing 4560   +1.2%)
AKRA masih berkonsolidasi. Belum ada arah yang jelas dari AKRA. Untuk saat ini saya condong menunggu konfirmasi signal lebih lanjut.

ASII (Closing 6950   +3.7%)
ASII menguji resistance 7000. Terjadi peningkatan volume yang signifikan. Stochastic membuka potensi penguatan. Bila resistance 7000 ditembus, ASII berpotensi menguat ke area 7400. Jadi bisa pertimbangkan untuk buy bila resistance ini ditembus. Support sementara di 6500.

ASRI (Closing 575   -0.9%)
Ma20 masih menjaga pelemahan ASRI. Namun bila melihat dari indikator saya cukup ragu. Saat ini stochastic mengindikasikan pelemahan. Saat ini ma20 di 560. Sejauh ma20 bertahan, spek buy masih bisa dilakukan, namun tetap terapkan kontrol resiko.

BBRI (Closing 9275   +0.8%)
Sejauh ini pergerakan BBRI belum memunculkan indikasi yang baru. Stochastic masih mengindikasikan pelemahan. Saya masih melihat ada potensi BBRI kembali menguji support 9000-9100. Support ini seharusnya cukup kuat, jadi bisa dipantau apa bila terlihat kuat bertahan bisa pertimbangkan untuk buy.

BBCA (Closing 10225   -0.7%)
BBCA masih bertahan di atas ma20, namun sudah tiga hari ini ada usaha untuk menembus support ma20. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Sejauh ini indikator semakin kurang bersahabat. Jadi bisa dipantau, bila ma20 gagal bertahan, BBCA akan menguji support ma50 dan bolinger di 9800.

BBNI (Closing 4550   +1%)
Sejauh ini support ma20 bertahan. Dan kembali terlihat ada tanda tanda perlawanan. Indikator sendiri mulai ada tanda tanda pembalikan arah. Untuk sementara support akan saya pertahankan di 4400 dan resistance di 4770.

BMRI (Closing 9100   +1.1%)
BMRI masih bertahan di atas ma20nya. Terlihat ada tanda tanda perlawanan, dan stochastic pun berpotensi memunculkan signal penguatan. Untuk sementara support akan saya pertahankan di 8700. Bila support ini terlihat kuat bertahan bisa pertimbangkan untuk buy.

CPIN (Closing 4235   +0.8%)
CPIN menguji resistance 4225-4250. Stochastic di area overbought membuka potensi pelemahan. Saham ini masih terus berusaha untuk menguat. Bila CPIN menembus level 4250, CPIN berpotensi menguat menuju ke level 4500. Jadi bisa pertimbangkan untuk buy bila resistance itu ditembus. Support sementara masih saya pertahankan di 4000.

GGRM (Closing 47700   -1%)
Sejauh ini pelemahan GGRM masih cukup wajar. Stochastic di area overbought membuka potensi penguatan. Saat ini level 46500-46700 akan menjadi support yang cukup kuat bagi GGRM. Resistance akan saya pertahankan di 50000.

ICBP (Closing 11175   +1.6%)
ICBP kembali berusaha untuk menguat. Stochastic mengindikasikan pelemahan. Penutupan hari ini memunculkan signal positif, namun saham ini cenderung berkonsolidasi, jadi saya ragu akan kemampuan ICBP untuk menguat. Untuk saat ini saya gunakan support bolinger sekaligus ma50 di 10700 dan resistance bolinger di 11200.

INDF (Closing 7175   +2.1%)
Setelah signal penguatan memudar, saham ini malah menguat. Stochastic mengindikasikan penguatan. INDF menembus resistance 7150. Jadi saat ini ada potensi INDF untuk kembali menguat menuju ke area 7350.. Spek buy saat ini bisa dipertimbangkan, dengan aggressive buy 7100.

INTP (Closing 22450   +3.3%)
Setelah berada di kisaran support 21000-21100, saham ini mampu kembali menguat. Selama beberapa bulan ini pergerakan INTP berkisar antara support ma50 dan resistance bolinger. Jadi saat ini bisa pergukana support 21150-21200 dan resistance 23000-23100.

JSMR (Closing 5375   +2.9%)
Setelah menembus ma20, saham ini langsung kembali menguat. Indikator masih mengindikasikan pelemahan. Jadi untuk saat ini saya akan mempertahankan view pelemahan ke area 5000.

KLBF (Closing 1450   +3.6%)
Support 1390 bertahan, dan KLBF langsung menguat. Stochastic membuka potensi penguatan. Saya masih meragukan penguatan dari KLBF. Untuk saat ini saya condong mempertahankan view pelemahan ke area 1350-1370.

LPCK (Closing 7375   -1.7%)
Ma5 sejauh ini masih menahan pelemahan LPCK. Meskipun ma5 bertahan, saya condong melihat ada potensi pelemahan di saham ini. Stochastic di area overbought signalnya kurang jelas. Bila ternyata LPCK melemah menembus ma5, bisa pertimbangkan untuk jualan dulu. Support sementara di 6600.

MAIN (Closing 3600   +1.8%)
MAIN berkonsolidasi. Stochastic di area overbought membuka potensi penguatan. MAIN masih berusaha mempertahankan momentum penguatan. Belum ada arah yang jelas. Support sementara di 3450-3475 dan resistance di 3650. Untuk saat ini saya condong menunggu konfirmasi signal lebih lanjut.

PGAS (Closing 4900   0%)
Saya masih meragukan potensi penguatan di PGAS. Stochastic mengindikasikan pelemahan dan ma5 makin mendekati ma20 dan berpotensi death cross. Saya akan menunggu konfirmasi signal lebih lanjut. Untuk support akan saya revisi ke 4650-4670.

PTPP (Closing 1405   -1.4%)
PTPP masih berada dalam range konsolidasi ma20 dan bolinger atas. Stochastic signalnya kurang jelas. Mengingat pola konsolidasi masih sama, area ma20-bolinger atas bisa dimanfaatkan untuk trading. adi bisa manfaatkan area tersebut untuk trading. Ma20 untuk sementara di 1390 dan bolinger di 1445.

SMGR (Closing 15000   +3.8%)
Penguatan yang cukup signifikan. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. Pergerakan SMGR cukup membingungkan. Bila penguatan berlanjut, SMGR akan menguji resistance 15500. Untuk saat ini saya cenderung menunggu konfirmasi signal sebelum memberikan rekomendasi. Support akan saya pertahankan di 14150-14200.

UNTR (Closing 18975  +2.3%)
UNTR kembali menguat dan menembus ma50nya. Stochastic membuka potensi penguatan. Saya masih ragu dengan penguatan UNTR. Apa lagi saham ini sering kali memunculkan signal yang menjebak. Saat ini indikator condong ke penguatan, jadi bila memang UNTR menguat, UNTR akan menguji resistance 20000. Support sementara akan saya pertahankan di 17700-17800.

UNVR (Closing 28575   +2%)
UNVR kembali menguat dan sedikit menembus resistance 28500. Penguatan UNVR tertahan bolinger. Stochastic membuka potensi penguatan. Bila penguatan berlanjut, UNVR akan menguji resistance 30000. Saham ini sudah cukup lama berkonsolidasi, jadi bisa dipantau apakah penguatan berlanjut atau tidak. Support akan saya pertahankan di 27000-27100 dan resistance di 28500.

WIKA (Closing 2145   0%)
Setelah menguat ke 2185, saham ini kembali terkoreksi. Sejauh ini indikator masih menungjang penguatan. WIKA juga masih bertahan di atas ma5, jadi secara overall momentum penguatan jangka pendek masih terjaga. Support sementara di 2090-2100 dan resistance di 2300.

Review By Request :
CTRA (Closing 975   -1%)
CTRA terlihat berusaha bertahan di atas ma20nya. Sejauh ini usahanya masih kurang bagus. Stochastic sendiri mengindikasikan pelemahan. Support sementara di 930, tapi untuk saat ini saya belum akan memberikan rekomendasi buy.


Hari ini IHSG menguat ditutup di 4620 (+1.1%)

IHSG kembali menguat. Saat ini resistance ada di kisaran 4650-4660. Mohon berhati hati bila level ini gagal ditembus karena berpotensi membentuk formasi double top.

Karena urusan keluarga saya, dalam 1 minggu ini saya sama sekali tidak memantau market. Tapi dari yang saya dengar, hari ini banyak saham yang pada masa pre closing ditarik. Saya kurang mengerti apa maksud dari pelaku pasar menarik harga saham seperti itu. Tapi dari pengalaman, bila pada pre closing saham itu ditarik, pada open keesokan harinya saham itu dibuka langsung turun juga. Jadi hati hati ada potensi penguatan semu di market. Tetap pada rencana trading anda semula, dan selalu jaga resiko anda.

Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan.


Semoga berkenan.
Donny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar