Kamis, 02 Agustus 2012

Review Market 2 Agustus 2012

Dear Client,


IHSG melemah ditutup di 4093. Stochastic di area overbought membuka potensi pelemahan. MACD golden cross. Penembusan resistance 4090-4100 membuka peluang IHSG untuk menguat dengan target pertama 4170 dan target kedua 4240. Support sementara di 4070-4080


REVIEW SAHAM

AALI
AALI dibuka melemah menyentuh level 22000, lalu ditutup di 22750. Stochastic mengindikasikan penguatan. MACD melandai. AALI terkena sentimen negatif dari adanya rencana pemerintah membatasi kepemilikan kebun menjadi 20rb ha dari tadinya 100rb ha. Untuk sementara penutupan AALI di atas support 20400-20500, namun saya masih belum jelas dampak aturan tersebut terhadap AALI, jadi sementara saya condong wait and see dulu di saham ini.

ADRO
ADRO berkonsolidasi ditutup di 1520. Stochastic memasuki area overbought mengindikasikan penguatan. MACD mengindikasikan penguatan. Dari signal sementara ini lebih dominan penguatan. Spek buy dapat dilakukan di saham ini..Support sementara 1440-1450. Untuk aggressive bisa gunakan level 1500-1510.

ANTM
ANTM melemah ditutup di 1220. Stochastic membuka potensi pelemahan. MACD melandai. ANTM menembus support 1240-1250. Penembusan support ini membuka potensi ANTM untuk terus melemah dengan target sementara 1170-1180. Untuk sementara saya condong wait and see dulu.

ASII
ASII berkonsolidasi ditutup di 7000. Stochastic memasuki area overbought mengindikasikan penguatan. MACD mengindikasikan penguatan. Untuk sementara terdapat resistance cukup kuat di kisaran level 7100-7150. Sos lebih saya rekomendasikan. Support sementara di level 6700-6800. Apa  bila terjadi koreksi, bisa manfaatkan untuk melakukan spek buy.

BBRI
BBRI berkonsolidasi ditutup di 6900. Stochastic di area overbought membuka potensi pelemahan. MACD mulai melandai. Saya masih menyarankan take profit dulu di kisaran level 7000-7150. Support sementara di 6750-6800.

BBCA
BBCA melemah ditutup di 7850. Stochastic di area overbought mengindikasikan pelemahan. MACD melandai dan berpotensi death cross. SOS masih akan saya rekomendasikan di saham ini di level 8000-8200. Support sementara di level 7700-7750..

BBNI
BBNI berkonsolidasi ditutup di 3950. Stochastic di area overbought membuka potensi pelemahan. MACD mengindikasikan penguatan. Resistance 4000 saat ini sedang diuji. Penembusan resistance ini akan membawa BBNI menguji level 4150-4200. Sama seperti saham perbankan yang lain, saya lebih menyarankan SOS di kisaran 4150-4200 mengingat stochastic sedikit di bawah area overbought. Support sementara di 3800.

BMRI
BMRI berkonsolidasi ditutup di 8250. Stochastic di area overbought membuka potensi pelemahan. MACD mengindikasikan penguatan. BMRI mencetak rekor harga tertinggi. Support sementara di 8000-8050.

BUMI
BUMI berkonsolidasi ditutup di 1050. Stochastic di area oversold membuka potensi penguatan. MACD masih melandai. .Untuk sementara signal masih condong negatif, waspadai resistance 1140-1150.

CPIN
CPIN melemah ditutup di 2975.  Stochastic membuka potensi pelemahan. MACD mengindikasikan pelemahan. Penurunan yang signifikan dari DOC menjadi katalis negatif di saham ini. Untuk sementara terdapat support kuat di level 2900-2950, namun tekanan jual yang kuat membuat saya ragu. Saya condong menunggu konfirmasi lebih lanjut.

GGRM
GGRM melemah signifikan ditutup di 50850. Stochastic memasuki area oversold mengindikasikan pelemahan. MACD mengindikasikan pelemahan. Selama 3 hari ini pelemahan GGRM menurut saya terlalu cepat, jadi terbuka potensi terjadi teknikal rebound. Saya masih akan merekomendasikan spek buy di level 50000-50500 dengan target sementara 52500-53000.

INCO
INCO melemah ditutup di 2375. Stochastic di area oversold mengindikasikan pelemahan. MACD mengindikasikan pelemahan. Untuk sementara suport 2375-2400 akan kembali diuji. Saya masih akan merekomendasikan spek buy di level tersebut.

INDF
INDF berkonsolidasi ditutup di 5350. Stochastic membuka potensi pelemahan. MACD mengindikasikan pelemahan. Untuk sementara signal lebih dominan pelemahan, untuk sementara saya condong wait and see dulu.

INDY
INDY berkonsolidasi ditutup di 1750. Stochastic di area oversold mengindikasikan penguatan. MACD berpotensi golden cross. Untuk sementara signal masih mix, namun cukup menunjang terjadinya penguatan. Support 1690-1700 berpotensi bertahan, jadi spek buy akan saya rekomendasikan di saham ini.

INTP
INTP melemah menyentuh level 19800, lalu ditutup di 20250. Stochastic mengindikasikan pelemahan. MACD melandai. Untuk semnetara saya masih merekomendasikan spek buy dengan level 20000-20300.

ITMG
ITMG melemah ditutup di 36150. Stochastic mengindikasikan penguatan. MACD mulai melandai dan berpotensi golden cross. Untuk sementara masih terbuka peluang ITMG untuk menguat dengan target 38300-38500. Spek buy masih akan saya rekomendasikan di saham ini. Support kuat di 34300-34500, untuk aggressive buy bisa gunakan level 35500-35600.

JSMR
JSMR berkonsolidasi ditutup di 5650. Stochastic membuka potensi pelemahan. MACD melandai. Untuk sementara support 5550 masih bertahan. Aksi beli kembali muncul di saham ini. Untuk sementara saya belum melihat kecenderungan arah dari JSMR. Support di 5550.

LSIP
LSIP melemah ditutup di 2725.  Stochastic membuka potensi penguatan. MACD mengindikasikan pelemahan. Sama seperti AALI, LSIP juga diwarnai sentimen negatif dari peraturan pembatasan lahan, jadi saya condong wait and see dulu.

PGAS
PGAS berkonsolidasi ditutup di 3775. Stochastic di area overbought mengindikasikan pelemahan. MACD berpotensi death cross. Mengingat stochastic sudah di posisi overbought, SOS dapat dipertimbangkan di saham ini dengan target 3850-3900.

PTBA
PTBAmelemah ditutup di 15300. Stochastic membuka potensi pelemahan. MACD berpotensi death cross. Setelah kemarin muncul signal penguatan, sekarang muncul signal pelemahan. Untuk sementara level 14700-15000 masih akan saya pertahankan sebagai level entry.

SMGR
SMGR melemah ditutup di 12450. Stochastic mengindikasikan pelemahan. MACD melandai. Untuk sementara pelemahan SMGR masih bisa dibilang wajar, selama tidak menembus level 12300. Saya masih melihat adanya potensi penguatan, namun mohon berhati hati bila level 12300 ditembus, karena berpotensi kembali terkoreksi ke 11500.

TINS
TINS melemah ditutup di 1300. Stochastic memasuki area oversold membuka potensi pelemahan. MACD kembali mengindikasikan pelemahan. Signal condong ke pelemahan. Tekanan jual meningkat. Stochastic di posisi oversold membuka potensi pelemahan mulai terbatas. Untuk sementara TINS masih mempunyai support di 1300. Saya condong wait and see dulu di saham ini.

UNTR
UNTR melemah ditutup di 20400. Stochastic memasuki area oversold signalnya kabur.  MACD melandai. Saham ini salah satu yang membuat saya agak kesulitan menganalisa. Karena pelemahan yang terjadi terjadi perlahan lahan. Untuk sementara masih terdapat target pelemahan UNTR dengan target pertama 20000 dan target kedua 19000. 

UNVR
UNVR menguat ditutup di 24600. Stochastic di area overbought membuka potensi pelemahan. MACD golden cross. Untuk sementara terdapat target penguatan ke 25000. Mengingat sotchastic sudah overbought, bisa pertimbangkan untuk SOS. Support sementara di 23400-23600.


Hari ini IHSG melemah ditutup di  4093 (-0,9%) dengan asing membukukan net buy 158M.

Hari ini cukup melelahkan buat saya. Saham saham batu bara yang terlihat kuat di sesi pertama, ternyata berangsur angsur melemah. Masih terjadi profit taking di saham semen, namun harganya mulai atraktif untuk melakukan pembelian. Dari perbankan belum terjadi koreksi sehat yang saya perkirakan, jadi masih ada potensi terjadi pelemahan di saham perbankan. Dari saham blue chips sendiri, masih mampu ditutup di atas support 4070-4080, namun signalnya kurang bagus. Bila mengikuti kecenderungan bulan lalu, IHSG bergerak naik satu minggu, lalu turun minggu berikutnya. Hal ini sudah terjadi selama 4 minggu, dan minggu ini terbilang minggu naik. Jadi apa bila pola berlanjut, bisa jadi minggu depan adalah minggu pelemahan. Saat ini pasar masih menanti rapat ECB nanti malam. Mengingat market masih sulit diprediksi, trading jangka pendek dan kontrol resiko yang ketat kembali saya sarankan. 

Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar