Senin, 25 Juni 2012

IHSG dengan Beberapa Sudut Pandang

Saya tadi sempat ngobrol sama nasabah yang sama sama mengerti teknikal. Dan kita berdiskusi mengenai IHSG. Dan kami sepakat, ada dua skenario yang mungkin terjadi di IHSG. Yang pertama adalah pola flag yang sudah sering saya ungkapkan dari kemarin.
Pola Flag sendiri mengindikasikan pola bullish. Pola flag ini terbentuk dengan rentang waktu yang sempit, dari tgl 4 Juni hingga tgl 18 Juni. Jadi berdasar teori ini, dengan penembusan resistance 3909, IHSG akan kembali menguat. Pola ini dapat dilihat di sini.

Skenario kedua adalah pola rising wedge

Yang menjadi masalah adalah, pola rising wedge ini identik dengan pola bearish. Pola rising wedge ini terbentuk lebih lama dari pola flag kemarin, yaitu dari tgl 3 Mei hingga sekarang, karena pola rising wedge ditandai dengan pelemahan yang cukup dalam, lalu terjadi konsolidasi dengan kecenderungan menguat. Yang berbahaya adalah support rising wedge hari ini sudah ditembus. Dan berdasar skenario ini, IHSG akan cenderung melemah. Pola ini dapat dilihat di sini.

Jadi, dengan 2 sudut pandang yang berbeda, tercipta 2 skenario yang berbeda pula. Skenario mana yang benar, hanya market dan waktu yang akan menjawab. Arah market pun masih bisa berubah sewaktu waktu, jadi pembatasan pembelian dan kontrol resiko yang ketat wajib diterapkan.

Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar