Senin, 06 Januari 2014

Review Market 6 Januari 2014

Dear Client,


Hari ini IHSG melemah ditutup di 4202 (-1.6%)

IHSG kembali melemah dan menguji support 4180-4190. Sebenarnya saya cukup heran dengan pelemahan IHSG hari ini. Ada beberapa yang menyalahkan perubahan fraksi sehingga membuat pelaku pasar enggan bertransaksi lagi. Atau mungkin efek dari perbuahan harga LPG yang naik turun dalam waktu singkat, mengindikasikan tidak adanya sinergi yang bagus antara pihak pihak terkait di pemerintahan sehingga pelaku pasar makin meragukan integritas pemerintah? Atau bisa jadi penguatan IHSG beberapa hari yang lalu adalah ajang big player melepas barang sambil mempelajari efek dari fraksi yang baru. Apa pun alasan yang mungkin timbul, secara teknikal support 4180-4190 bertahan. Dan semoga bisa terus bertahan. Bila ternyata support ini gagal bertahan, IHSG berpotensi melanjutkan pelemahannya ke area 4110-4120. Saya menggunakan support dari bolinger karena dalam kondisi market berkonsolidasi, bolinger adalah salah satu indikator yang cukup akurat.

Dari sisi saham blue chips, sejujurnya saya belum melihat adanya tanda tanda yang berbahaya dari sektor perbankan dan semen. Yang terkoreksi cukup dalam hari ini adalah sektor batu bara dan kelapa sawit, dan dua sektor itu secara rata rata berpotensi mengalami teknikal rebound. Jadi bila besok kembali ditekan dengan kuat menurut saya bisa dipantau untuk entry. Efek dari perubahan fraksi sendiri menurut saya tidak bisa digambarkan hanya dalam transaksi satu hari, jadi kemungkinan dalam beberapa minggu ini pasar masih akan mencerna dan beradaptasi dengan perubahan fraksi. Apapun pilihan saham anda, tetap tenang dalam memutuskan, jangan lupa kontrol resiko, dan semoga untung.

Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan.


Semoga berkenan.
Donny

Bagi yang ingin berlangganan review selanjutnya, bisa melakukan transfer dana 50rb per bulan ke rekening yang tertulis di blog sebelah kanan saya dan daftarkan email anda. Review akan dikirim tiap hari setelah closing market.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar