Selasa, 30 Juni 2015

Review Market 30 Juni 2015

Dear Client,

NB : Kembali memasuki akhir bulan, kembali saya rilis review versi member supaya para pembaca dapat mendapatkan gambaran apa yang didapatkan dengan menjadi member. Semoga berkenan.


REVIEW SAHAM

ADHI (Closing 2020  +0.2%)
ADHI berkonsolidasi. Indikator mengindikasikan pelemahan. Sejauh ini support 2000 masih bertahan. Mulai terlihat ada aksi perlawanan, namun sejauh ini masih kurang solid. Bagi yang ingin entry, tetap berhati hati dan terapkan kontrol resiko. Resistance sementara di 2250.

ADRO (Closing 760   0%)
ADRO berkonsolidasi. Indikator mengindikasikan pelemahan. Indikasi oversold terlihat di Stochastic. Belum terlihat indikasi yang kuat. Saat ini support masih saya pertahankan di 700 dan resistance di 850. Bagi ingin entry lebih baik dicicil dan terapkan kontrol resiko.

ASII (Closing 7075  +2.9%)
ASII ditutup menguat. Indikator mengindikasikan penguatan. ASII sendiri menembus resistance 7000. Dengan penembusan resistance ini ada potensi penguatan berlanjut ke 7300. Bagi yang ingin entry tetap kontrol resiko. Support sementara di 6900. 

ASRI (Closing 575   -0.9%)
ASRI ditutup melemah. Indikator mulai membentuk signal pelemahan. Indikasinya sendiri saat ini masih kurang bagus. Masih ada potensi ASRI untuk terus melemah. Support yang relatif kuat ada di 545. Saat ini bisa dipantau apakah support ini mampu bertahan atau tidak.

BBRI (Closing 10350  -0.2%)
BBRI berkonsolidasi. Indikator berpotensi membentuk signal pelemahan. Indikasi masih condong ke pelemahan, namun BBRI sendiri masih bertahan di atas support 10000. Support ini sudah beberapa kali menahan pelemahan BBRI. Bagi yang ingin entry tetap berhati hati dan terapkan kontrol resiko.

BBCA (Closing 13500   0%)
BBCA berkonsolidasi. Indikator berpotensi membentuk signal pelemahan. Untuk saat ini resistance masih saya pertahankan di 13700-13800 dan support di 13000. Untuk sementara bisa gunakan level tersebut sebagai panduan transaksi.

BBNI (Closing 5300   +1%)
BBNI ditutup menguat. Indikator berpotensi membentuk signal penguatan. Terlihat ada indikasi penguatan, namun masih kurang solid. Support masih akan saya pertahankan di 50000 dan resistance di 5650. Bagi yang ingin entry tetap berhati hati dan terapkan kontrol resiko.

BMRI (Closing 10050   +0.2%)
BMRI berkonsolidasi. Indikator mengindikasikan penguatan. Indikator masih cukup bagus. Saat ini resistance akan saya pertahankan di 10250 dan support di 9450. Untuk sementara saya cenderung menunggu adanya konfirmasi signal lebih lanjut sebelum memberikan rekomendasi.

CPIN (Closing 2750  +0.4%)
CPIN menguji support 2700, dan sejauh ini support ini mampu bertahan. Indikator masih mengindikasikan pelemahan. Indikasi oversold terlihat di Stochastic. Secara overall signal masih menjurus ke pelemahan, namun selama support 2700 bertahan, masih ada potensi bagi CPIN untuk menguat. Bagi yang ingin entry tetap berhati hati dan terapkan kontrol resiko.

GGRM (Closing 45100   +3%)
GGRM mampu kembali menguat ditutup di atas level 44000. Bila GGRM mampu bertahan di atas level 44000, ada potensi level 48000 akan diuji. Indikator sendiri berpotensi membentuk signal penguatan. Support akan saya gunakan di 44000. Bagi yang ingin entry tetap berhati hati.

ICBP (Closing 12475  +3.5%)
ICBP ditutup menguat. Indikator berpotensi membentuk signal penguatan. Di luar perkiraan saya, support 12000 mampu bertahan. Bila penguatan berlanjut, ICBP berpotensi menguji resistance 12800.

INDF (Closing 6575  +1.5%)
INDF ditutup menguat, dengan indikator yang masih mengarah ke pelemahan. Support 6450 masih bertahan. Saat ini saya akan mempertahankan trading range 6450-7000. Untuk sementara bisa gunakan kedua level tersebut sebagai panduan transaksi.

INTP (Closing 20875  0%)
INTP berkonsolidasi. Indikator signalnya mix. Saat ini resistance akan saya pertahankan di 21700 dan support di 19500. Saya cenderung menunggu adanya signal yang lebih jelas sebelum memberikan rekomendasi.

JSMR (Closing 5475   +2.3%)
JSMR ditutup menguat. Indikator masih mengarah ke pelemahan. Indikasi oversold terlihat di Stochastic. Posisi penutupan JSMR cukup bagus, namun saat ini saya masih ragu. Bila terus menguat, JSMR akan menguji level 5750. Support akan saya pertahankan di 5000. Untuk mempertahankan momentum penguatan, JSMR sebaiknya bisa bertahan di atas level 5350. Bagi yang ingin entry tetap berhati hati dan terapkan kontrol resiko.

KLBF (Closing 1675   -2%)
KLBF gagal menembus resistance 1750. Posisi closingnya juga kurang bagus. Indikator sendiri masih mengindikasikan penguatan. Signalnya masih mix. Saat ini support akan saya gunakan di 1650. Bagi yang ingin entry lebih baik dicicil dan terapkan kontrol resiko.

PGAS (Closing 4315   +0.6%)
PGAS ditutup menguat. Indikator berpotensi membentuk signal penguatan. Sejauh ini PGAS masih bertahan di atas level 4280. Selama level ini bertahan masih ada potensi PGAS menguji area 4500. Indikasi penguatan sejauh ini masih kurang solid. Bagi yang ingin entry tetap terapkan kontrol resiko.

PTBA (Closing 8400   +0.3%)
PTBA menguji support 8350, dan sejauh ini mampu bertahan. Indikator masih mengarah ke pelemahan. Indikasi oversold terlihat di Stochastic. Terlihat ada aksi perlawanan, namun terlihat kurang solid. Untuk saat ini support akan saya pertahankan di 8350, dan resistance akan saya revisi ke 9000.

PTPP (Closing 3470   -1.6%)
PTPP menguji support 3400, lalu terjadi rebound. Indikator berpotensi membentuk signal pelemahan. Belum terlihat ada aksi beli yang kuat. Saat ini support akan saya pertahankan di 3400. Bagi yang ingn entry tetap terapkan kontrol resiko.

SCMA (Closing 2875   +0.5%)
SCMA berkonsolidasi. Indikator mengindikasikan penguatan. Signal penguatan masih terlihat, namun terlihat kurang solid. Untuk sementara support akan saya pertahankan di 2700 dan resistance di 3000. Saya condong menunggu adanya signal yang lebih baik sebelum memberikan rekomendasi.

SMGR (Closing 12000   0%)
SMGR sempat menembus support 12000 sebelum akhirnya kembali ditutup di 12000. Indikator berpotensi membentuk signal penguatan. Indikasi oversold terlihat Stochastic. Belum terlihat ada indikasi yang jelas. Saat ini support akan saya pertahankan di 12000 dan resistance di 12800. Saat ini saya condong menunggu adanya signal yang lebih baik sebelum memberikan rekomendasi.

SMRA (Closing 1635   0%)
SMRA berkonsolidasi. Indikator berpotensi membentuk signal pelemahan. Masih belum terlihat ada aksi beli yang kuat. Saat ini support akan saya gunakan di 1600 dan resistance di 1750. Saya cenderung menunggu adanya signal yang lebih baik sebelum memberikan rekomendasi.

TLKM (Closing 2930   +0.9%)
TLKM ditutup menguat. Indikator mengindikasikan penguatan. Indikasi overbought terlihat di Stochastic. Dari sisi penutupan dan Ma, posisi TLKM masih cukup bagus. Masih ada potensi resistance 3000 diuji. Mengingat indikasi sudah overbought ada kemungkinan penguatan akan terbatas. Jadi bila level 3000 diuji dan terlihat sulit ditembus bisa pertimbangkan untuk jualan dulu.

UNTR (Closing 20375  +0.9%)
UNTR ditutup menguat. Indikator mengindikasikan penguatan. Signal penguatannya masih cukup bagus. Masih ada potensi UNTR Menguji area 21000. Support sendiri ada di kisaran 19700-19800. Bagi yang ingin entry tetap berhati hati dan  terapkan kontrol resiko.

UNVR (Closing 39500   -0.3%)
UNVR dibuka menguat menguji resistance 41000, lalu kembali melemah ditutup di 39500. Indikator mengindikasikan pelemahan. Indikasi oversold terlihat di Stochastic. Secara overall signal masih kurang bagus. Support masih akan saya pertahankan di 38000. Untuk sementara saya condong menunggu adanya signal beli yang kuat sebelum memberikan rekomendasi.

WIKA (Closing 2505   -0.2%)
Sempat terjadi teknikal rebound sebelum akhirnya WIKA kembali melemah. Indikator mengindikasikan pelemahan. Indikasi oversold terlihat di Stochastic. Mulai ada aksi perlawanan, meskipun kurang solid. Stochastic mulai masuk area oversold. Dan WIKA mendekati support kuat 2450. Bagi yang ingin entry tetap berhati hati dan terapkan kontrol resiko.


Review By Request :
ERAA (Closing 590   -1.7%)
ERAA ditutup melemah. Indikator sejauh ini masih mengindikasikan penguatan. Sejauh ini indikasi masih bagus, namun dari pergerakannya saya condong melihat saham ini akan melemah. Support yang relatif kuat ada di 500. Bagi yang ingin entry lebih baik dicicil dan terapkan kontrol resiko.

PNLF (Closing 286   +1.4%)
PNLF ditutup menguat. Indikator mengindikasikan penguatan. Posisi penutupan dan indikator masih cuup bagus. Bila penguatan berlanjut, PNLF akan menguji area 300. Support sementara di 270.



Hari ini IHSG menguat ditutup di 4810 (+0.6%)

IHSG ditutup menguat. Mulai terlihat ada aksi beli di IHSG maupun beberapa saham blue chips. Secara overall saya masih ragu dengan penguatannya. Ada kemungkinan memang market mulai membaik, atau penguatan ini hanya sekedar window dressing. Asing sendiri membukukan net buy 382M. Cukup besar bila melihat kondisi saat ini. Jadi mari kita pantau besok apakah memang IHSG sudah mencapai titik terendahnya. Support saat ini akan saya pertahankan di 3820.

Dari saham blue chips, signal beli terlihat di saham BBRI, BBNI, ASII, TLKM, JSMR, dan ICBP. Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, ada kemungkinan penguatan ini hanya teknikal rebound. Tapi bagaimanapun juga, tiap signal penguatan menurut saya cukup layak dipantau mengingat banyaknya indikasi oversold di saham saham blue chips. Selain saham saham tersebut, aksi beli juga terlihat di saham konstruksi, meskipun masih kurang solid. Saham WIKA menurut saya cukup layak dipantau. Penjelasannya dapat dilihat di review di atas. Bagi yang ingin entry lebih baik dicicil dan terapkan kontrol resiko karena pergerakan market sendiri masih cukup sulit diprediksi.


Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga membantu.




Salam
Donny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar