Selasa, 29 Juni 2010

Sekilas Mengenai IPO

Tadi di detikfinance.com ada berita membahas penurunan tajam di indeks Shanghai dan Hang Seng terkait IPO Agricultures Bank of China (ABC). Setelah saya infokan ke nasabah ada yang meminta saya menjelaskan apa itu IPO di blog. Jadi di sini saya akan jelaskan secara singkat mengenai IPO.

IPO (Initial Public Offering) atau istilah Indonesianya penawaran perdana merupakan istilah yang digunakan bagi perusahaan yang untuk pertama kalinya menjual sahamnya kepada investor dalam rangka listing di bursa. Seperti saham ROTI kemarin, sebelum listing di bursa, ROTI melakukan penawaran perdana yang difasllitasi oleh perusahaan sekuritas penjamin emisi, sebelum tanggal listingnya.

Misal ada perusahaan A mau listing di bursa. Lalu dia menunjuk PT. Trimegah Securities,tbk sebagai penjamin emisi. Tanggal listing ditentukan tgl 9 Agustus 2010. Sebelum tanggal 9 Agustus 2010, Trimegah akan menawarkan saham perusahaan A ke investor investor tertentu. Inilah yang disebut penawaran perdana. Setelah tgl listing, barulah saham A diperdagangkan di bursa.

Perusahaan melakukan IPO tujuan utamanya untuk mendapatkan dana segar. Entah untuk ekspansi, untuk bayar hutang, untuk akuisisi, dan lain - lain. Biasanya perusahaan dengan fundamental bagus atau tujuan IPO nya untuk ekspansi lebih banyak diminati oleh investor.

Semoga membantu ya Pak Budi. Kalau ada yang kurang jelas bisa sms seperti biasa atau email atau di sini juga boleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar